Melihat pelayanan "Drive Thru" Kecamatan Lubuk Dalam Siak

id Pelayanan. Kecamatan. Lubuk Dalam. Siak. Drive thru.,Siak, kecamatan siak

Melihat pelayanan "Drive Thru" Kecamatan Lubuk Dalam Siak

Loket pelayanan drive thru Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak.(ANTARA/HO-Pemcam Lubuk Dalam)

Siak (ANTARA) - Pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah pemerintahan dalam menakar kepuasan masyarakat. Makanya, pelayanan yang mudah dan efisien menjadi dambaan masyarakat, terlebih lagi di kala pandemiyang menyebabkan banyak aktivitas dibatasi.

Secara umum, pelayanan publik menuntut dipangkasnya jarak dan waktu dalam mengurus sesuatu. Jarak yang jauh hingga belasan kilometer dan pelayanan yang lama akan menjadi sesuatu yang sangat membebani masyarakat.

Seperti halnya di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang mempunyai wilayah yang luas sehingga menyulitkan bagi yang berjarak jauh hingga puluhabkilometer dengan ibu kota. Lokasi beberapa kecamatan ada yang cukup jauh dengan waktu tempuh bisa mencapai dua jam lebih menuju Ibu Kota Kabupaten Siak yakni Kecamatan Siak.

Terlebih lagi saat ini pandemi COVID-19 melanda, mau tak mau aparatur pemerintah dipaksa untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Pasalnya, kerumunan dan mobilisasi tinggi dari masyarakat bisa memunculkan klaster baru.

Untuk itu, Bupati Siak Alfedri meminta urusan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Akte Kelahiran dan lainnya selesai di tingkat kecamatan saja. Biasanya, harus mengurus di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berada si Ibu Kota Siak.

Selain itu, hal ini sesuai dengan visi dan misi yang dituangkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pemerintah Daerah. Hal itu terkait bagaimana menciptakan pelayanan yang cepat dan memudahkan masyarakat.

"Saya sudah rapat dengan camat, dinas pendudukan bagaimana tahun ini KTP, KK dan akte kelahiran cukup diselesaikan di kecamatan masing-masing," ungkapnya dalam musyawarah rencana pembangunan di salah satu kecamatan di Siak baru-baru ini.

Dengan begitu, maka kecamatan akan menjadi ujung tombak pelayanan tersebut. Setiap kecamatan diminta juga tidak hanya melaksanakan arahan pimpinannya tapi inovasi pelayanan harus diciptakan juga.

Inovasi yang menarik dapat dilihat dari salah satu kecamatan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaruini.

Contoh nyata terbaru adalah Kecamatan Lubuk Dalam yang membuat pelayanan "Drive Thru". Seperti halnya memesan makanan cepat saji ataupun mengambil uang di anjungan tunai mandiri, masyarakat tanpa harus menginjakkan kaki di atas bumi ini untuk mendapatkan pelayanan, cukup dari atas kendaraan.

Ya, pelayanan Drive Thru ini untuk masyarakat yang ingin mengurus sesuatu (melakukan pelayanan) tanpa harus turun dari kendaraan. Cukup berhenti di ruang khusus yang telah disediakan dan nantinya ada petugas yang akan melayani sesuai keperluannya.

Camat Lubuk Dalam Andi Putra mengatakan inovasi tersebut memberikan segala layanan kepengurusan. Mulai dari KK, KTP, Akte Kelahiran, dan lainnya bahkan untuk mengajukan proposal pun juga bisa di sana.

"Ini untuk semuajenis pelayanan, KK, KTP, Akte kelahiran. Proposal juga bisa," ujar Andi Putra.

Kecamatan terbaik

Andi mengatakan kecamatan harus ada inovasi semampunya, apapun itu bentuknya. Itu tidak lain dan tidak bukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Makanya inovasinya diberi nama Layanan Paten Drive Thru.

Terlihat pihak Kecamatan Lubuk Dalam mendirikan bangunan tambahan di lokasi kantor. Ini menyesuaikan dengan jalur masuk kendaraan sehingga bisa dilakukan pelayanan secara berkendara.

Camat Lubuk Dalam ketika menerima penghargaan dari Gubernur Riau. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)


Meski begitu, inovasinya ini bukan tanpa proses. Dia sudah4,5 tahun menjabat Camat Lubuk Dalam mulai tahun 2017, dia juga pernah menduduki camat terbaik II tingkat Kabupaten Siak.

Tahun 2018, ia mendapatkan penghargaan camat terbaik lll dan tahun 2019 meraih kembali camat terbaik II tingkat Kabupaten Siak. Dan, ujungnya pada tahun 2020, meraih camat sekaligus kecamatan terbaik I tingkat Kabupaten Siak.

Atas inovasi yang diciptakan, ia menjadiwakil Kabupaten Siak pada Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2020. Hingga akhirnya KecamatanLubuk Dalam menjadi kecamatan terbaik di Provinsi Riau tahun 2020 berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar kepada Andi Putra, di Balai Serindit Aula Gubernuran, Kota Pekanbaru, Senin (29/3/2021). Andi pun mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak dan seluruh jajaran Kecamatan atas penghargaan yang diterima oleh Kecamatan Lubuk Dalam sebagai Kecamatan terbaik di Provinsi Riau.

"Alhamdulillah setelah sebelumnya berhasil menjadi Kecamatan terbaik di Kabupaten Siak dan serta menjadi wakil Kabupaten pada Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2020. Dan menjadi Kecamatan terbaik di Provinsi Riau," ucap Andi Putra.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman juga mengucapkan syukur dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kecamatan Lubuk Dalam yang telah berhasil menjadi kecamatan terbaik di Provinsi Riau tahun 2020.

"Dan Alhamdulillah ini merupakan prestasi yang ke lima kali berturut didapat oleh Kabupaten Siak, karena salah satu Kecamatan di Kabupaten Siak berhasil menjadi yang terbaik di Provinsi Riau", ungkap Arfan.

Ini semua merupakan bukti bahwa Pemkab Siak baik di tingkat Kabupaten, tingkat Kecamatan hingga tingkat Kampung, sudah memiliki kinerja yang terukur dan baik.

"Saya berharap, prestasi langganan bagi Kabupaten Siak ini akan menjadikan motivasi bagi kecamatan lainnya agar bisa menjadi yang terbaik di Provinsi Riau. Jangan sampai prestasi sebagai kecamatan terbaik di Provinsi Riau lepas dari Kabupaten Siak," harapnya.

Adapun hasil Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2020, peringkat pertama Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, kedua Kecamatan Rumbai Kota, Kota Pekanbaru, dan ketiga Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk informasi, Kabupaten Siak menjadi terbaik pada Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Riau sudah lima kali berturut-turut. Tahun 2016 Kecamatan Koto Gasib peringkat pertama, 2017 Kecamatan Kandis peringkat pertama, tahun 2018 Kecamatan Sungai Mandau peringkat kedua, tahun 2019 Kecamatan Sungai Mandau peringkat pertama dan tahun 2020 Kecamatan Lubuk Dalam peringkat pertama.