Pekanbaru raih rekor muri donor darah 4.000 kantong

id Muri 4.000,donor darah, konvalesen

Pekanbaru raih rekor muri donor darah 4.000 kantong

Penyerahan rekor Muri. (ANTARA/HO-Pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali raih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas pencapaian donor darah sebanyak 4.000 kantong, yang diselenggarakan relawan peduli COVID-19 yang berlangsung 21-27 Maret 2021.

"Rekor donor darah terbanyak di Indonesia diulang kembali oleh Pemko Pekanbaru dengan 4.000 kantong. Sebelumnya pada tahun 2020 dalam kegiatan serupa," kata General Manager MURI Awan Raharjo di Pekanbaru.

Pemko Pekanbarubersama sejumlah instansi lainnya menggelar donor darah di Hotel Furaya. Awalnya, target donor darah ini hanya 3.000 kantong. Namun hingga kini, sudah 4.000 kantong darah terkumpul dan terus bertambah. Padahal tahun lalu, hasil donor darah hanya 2.500 kantong darah.

"Peristiwa donor darah konvalesen ini kami catatkan di rekor MURI. Kami mewakili pimpinan dan pendiri MURI menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemko Pekanbaru," kata Awan.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus mengucapkan terima kasih kepada pimpinan MURI Awan Raharjo yang telah mencatat aktivitas donor darah ini. Sebenarnya, target Pemko Pekanbaru hanya 3.000 kantong darah.

Baca juga: Relawan Peduli COVID-19 Riau target 3000 kantong darah

"Awalnya, kegiatan ini hanya berupa bakti sosial tahunan. Karena donor darah ini merupakan kegiatan yang sangat mulia. Karena, kita memberikan kehidupan kepada saudara-saudara yang lain," katanya.

Tahun depan, Pemko Pekanbaru menaikkan target perolehan donor darah yaitu 5.000 kantong. Alasannya, donor darah ini bisa menyehatkan badan warga Pekanbaru.

"Terima kasih kepada semua tim yang terlibat, baik di bawah komando TNI dan relawan. Terima kasih kepada MURI yang sudah mencatat kegiatan yang kami lakukan ini," kata Firdaus

Sebelumnya Riau menyelenggarakan acara Bhakti Sosial Donor Darah dan Plasma Konvalesen di Hotel Furaya Pekanbaru pada Senin, (22/3/2021). Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-62 Korem 031/Wirabima, HUT ke-57 Dharma Pertiwi dan HUT ke-75 Persit Kartika Chandra Kirana.

Baca juga: PMI Pekanbaru layani donor plasma konvalesen

Baca juga: Pekanbaru kini ada kampung donor darah, begini penjelasannya