Chrome kini sudah bisa beri teks pada audio dan video di web secara instan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,crome,gadget

Chrome kini sudah bisa beri teks pada audio dan video di web secara instan

Ilustrasi Google Chrome (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Google memperluas fitur caption real time, caption otomatis, dari ponsel Pixel kepada siapa pun yang menggunakan browser Chrome, seperti yang pertama kali ditemukan oleh Pengembang XDA.

Dilansir The Verge, Kamis, caption otomatis menggunakan pembelajaran mesin untuk secara spontan membuat caption untuk video atau audio yang sebelumnya tidak ada, dan menjadikan web jauh lebih mudah diakses oleh penyandang tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran.

Baca juga: Apple akan hentikan speaker HomePod

Saat diaktifkan, caption muncul secara otomatis dalam kotak kecil yang dapat dipindahkan di bagian bawah browser Anda saat Anda menonton atau mendengarkan konten orang-orang berbicara.

Kata-kata muncul setelah sedikit penundaan, dan untuk ucapan yang cepat atau gagap, Anda mungkin melihat kesalahan. Namun secara umum, fitur tersebut sama mengesankannya dengan saat pertama kali muncul di ponsel Pixel pada tahun 2019.

Caption bahkan akan muncul dengan audio yang dibisukan atau volume yang diturunkan, menjadikannya cara untuk "membaca" video atau podcast tanpa mengganggu orang lain di sekitar.

Caption otomatis di Chrome berfungsi pada video YouTube, streaming Twitch, pemutar podcast, dan juga layanan streaming musik seperti SoundCloud, dalam pengujian awal yang dijalankan oleh The Verge. Namun, tampaknya caption otomatis di Chrome hanya berfungsi dalam bahasa Inggris, yang juga berlaku di perangkat seluler.

Caption otomatis dapat diaktifkan di versi terbaru Chrome dengan membuka Setelan, lalu bagian "Lanjutan", lalu "Aksesibilitas". (Jika Anda tidak melihat fitur tersebut, coba perbarui dan mulai ulang browser secara manual.)

Saat Anda mengaktifkannya, Chrome akan dengan cepat mengunduh beberapa file pengenalan ucapan, lalu teks akan muncul saat browser memutar audio saat orang-orang sedang berbicara.

Caption otomatis pertama kali diperkenalkan di Android Q beta, tetapi hingga saat ini, caption tersebut eksklusif untuk beberapa ponsel Pixel dan Samsung. Kini setelah menggunakan Chrome, caption otomatis akan tersedia untuk audiens yang lebih luas.

Baca juga: Google Maps telah dilengkapi fitur untuk menambah jalan

Baca juga: WhatsApp tambah kemampuan panggilan suara dan video di versi desktop


Penerjemah: Fathur Rochman
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar