Mengenang Rina Gunawan, sosok hangat di layar kaca

id rina gunawan,obituari

Mengenang Rina Gunawan, sosok hangat di layar kaca

Presenter Rina Gunawan meninggal dunia

Jakarta (ANTARA) - Awal Maret tahun ini dibuka dengan kabar duka dari dunia hiburan Indonesia. Selebriti Rina Gunawan berpulang pada Selasa (2/3) di usia ke 46 tahun.

Rina, yang identik dengan gaya hijabnya yang modis itu menghembuskan nafas terakhirnya karena terpapar COVID-19 dan memiliki penyakit bawaan asma dan radang paru-paru.

Rina Mustikana Gumilang Gunawan, atau lebih dikenal dengan Rina Gunawan, lahir di Bandung, Jawa Barat, 28 Juni 1974. Ia adalah seorang presenter dan pengusaha Indonesia.

Sosok yang akrab di layar televisi nasional lewat acara talkshow "Campur-campur" dengan

"Semua deh ada di sini," itu juga merupakan menantu dari aktor dan sutradara Indonesia, Fritz G. Schadt.

Rina menikah dengan aktor Teddy Syah pada tanggal 11 April 1999. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai dua orang anak, yaitu Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Kiprah

Sebelum meniti karir sebagai presenter, Rina dikenal sebagai penyanyi pada awal karirnya di dunia hiburan nasional. Artis yang sempat belajar di Swara Mahardika, Geronimo, dan Studio 26 ini mengeluarkan album "Yudi" pada tahun 1996.

Namanya pun semakin poluler setelah membawakan paket lagu "Simphony". Selain "Yudi", Rina juga merilis album "Semalam Kau Dimana" (1999) dan "Ta'aruf" (2008-2009).

Namanya kemudian semakin dikenal luas publik Indonesia sebagai presenter acara talk show di stasiun televisi swasta. Salah satu yang paling dikenal adalah "Campur-campur" -- acara bincang-bincang mengudara pertama kali pada tahun 2002.

Rina memandu acara tersebut sejak musim pertamanya ditayangkan pada tahun 2002 hingga tahun 2005.

Selain piawai dalam bidang presenting dan tarik suara, Rina juga memiliki bakat di dunia seni peran.

Ia sempat berperan dalam beberapa sinetron, antara lain "Erte Erwe (Rumah Tangga Ruwet)", "Pat Pat Gulipat", dan "Mat Angin". Rina juga menjadi bintang tamu dalam serial televisi populer "Si Doel Anak Sekolahan" -- berperan sebagai sahabat Sarah yang diperankan oleh Cornelia Agatha.

Semasa hidupnya, Rina seperti tak habis akal untuk membagi kebahagiaan dan energi positifnya untuk banyak orang. Rina dan suami -- Teddy Syah, mendirikan mendirikan wedding dan event organizer pada 2000.

Mengutip dari laman web rinagunawan.com, disebutkan jika Rina dan Teddy melihat peluang bisnis tersebut untuk membantu rekan-rekannya mengurusi pernikahan mereka.

Ada pun sejumlah figur publik yang pernikahannya ditangani oleh Rina. Salah satunya adalah pasangan selebritis Anang Hermansyah dan Ashanty pada 20 Mei 2012. Pesta pernikahan tersebut bahkan berhasil mencetak rekor MURI sebagai pesta pernikahan pertama yang digelar secara non-stop / live di stasiun televisi selama tiga jam.

Selain kompak dalam menjalankan bisnis, pasangan selebritis Rina dan Teddy pun bisa dibilang kompak di keseharian mereka. Hal ini terbukti dengan hampir dari 22 tahun lamanya usia pernikahan dan rumah tangga mereka.

Kepergian Rina

Kabar berpulangnya Rina mencuat pada Selasa (2/3) malam. Sang suami, Teddy telah membenarkan kabar tersebut. Menurut kakak dari Atalarik Syah itu, Rina meninggal dunia pada Selasa sekitar pukul 18.45 WIB.

Almarhumah disebut masuk rumah sakit sejak satu pekan lalu karena dikabarkan terpapar COVID-19. Rina semula dilarikan ke rumah sakit lantaran sesak napas. Ia juga diketahui memiliki riwayat asma dan radang paru-paru.

Sebelum sakit, Rina belum lama ini sempat menjadi sorotan karena dietnya yang dinilai berhasil. Ia berhasil memangkas 30 kilogram dalam jangka waktu 5 bulan, setelah bobot sebelumnya mencapai 103 kilogram.

Sosok Rina Gunawan di mata rekan

Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Evry Joe mewakili rekan-rekannya mengucapkan duka cita mendalam atas meninggalnya kolega mereka, Rina Gunawan.

"Kami keluarga Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) merasa berduka cita sedalam-dalamnya. Kembali kita kehilangan sosok figur insan perfilman Indonesia yaitu almarhumah Mbak Rina Gunawan yang telah berpulang sore tadi. Kami doakan semoga beliau khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah menerima ini," kata dia kepada ANTARA.

Evry mengungkapkan sebelum berpulang, Rina sempat mengalami sesak napas. Namun dia tak bisa memastikan apa istri aktor Teddy Syah itu terkena COVID-19 atau tidak.

"Kabar terakhir sakit beliau sesak napas. Apakah beliau terjangkit COVID-19 atau tidak belum ada yang jelas, sakit beliau ya dirawat sudah seminggu di Rumah Sakit Pertamina," kata dia.

Evry mengenang sosok Rina sebagai seorang yang aktif mengisi program-program televisi di era sebelum tahun 2010-an. Dia lalu menjajaki karir sebagai pengusaha jasa penyelenggaraan acara.

Selebritas Ferry Maryadi, Andi Arsyil hingga Ashanty ikut mengabarkan meninggalnya Rina Gunawan melalui laman Instagram mereka.

Andi, melalui Instagram Story-nya mengunggah foto tangkapan layar pesan elektronik aktor Teddy Syah pada pukul 19.23 berisi kabar wafatnya Rina.

Ferry Maryadi juga membagikan kabar duka terkait meninggalnya Rina. Melalui laman Instagramnya, Ferry mengunggah foto bersama Rina dan menuliskan doa, "semoga husnul khotimal tetehku yg solehah-super bageur-pikanya'aheun..pileuleuyan teh RG,".

Sementara itu, Ashanty juga melalui laman Instagramnya mengungkapkan rasa sedihnya atas kepergian Rina. Dia menuliskan, beberapa waktu lalu Rina sempat terkena COVID-19 seperti dirinya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar