Syahnan Ramaikan Bursa Ketua PWI

id syahnan ramaikan, bursa ketua pwi

Syahnan Ramaikan Bursa Ketua PWI

Pekanbaru, (AntaraRiau) - Rencana pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Riau yang akan dilaksanakan pada Konferensi cabang , Juni mendatang kian menghangat menyusul bertambahnya calon kandidat, yakni Syahnan Rangkuti Jurnalis senior dari Harian Kompas.

"Saya merasa terpanggil untuk ikut membenahi organisasi wartawan tertua di Indonesia ini," kata Syahnan kepada wartawan, Senin (14/5) di Pekanbaru.

Munculnya nama Syahnan itu meramaikan bursa calon ketua PWI yang sejauh ini telah berisi nama-nama tokoh jurnalistik Riau, seperti Herianto (Harian MX), Eddy Akhmad RM (Koran Riau) dan calon incumbent Dhenni Kurnia (Haluan Riau) yang sudah menunjukkan indikasi akan bertarung.

Syahnan juga menyampaikan, bahwa ia tidak memiliki pretensi apa pun, selain berangkat dari kepenitngan untuk menyatukan seluruh wartawan anggota PWI Riau.

“Sebagai organisasi yang mewadahi beragam wartawan, seharusnya PWI Riau tampil lebih inklusif dan berdiri di atas seluruh kepentingan seluruh anggotanya. “ kata Syahnan

“Beragamnya latar belakang media, menyebabkan sejumlah wartawan terkooptasi. Saya mencoba untuk menjadi calon alternatif, dengan harapan kehadiran saya bisa memberi nilai tambah dalam menciptakan prosesi suksesi Ketua PWI Riau agar berjalan lebih demokratis.” ungkap Syahnan.

Syahnan, sejauh ini dikenal sebagai salah satu wartawan panutan bagi rekan seprofesinya. Ia juga acap kali menjadi motor penggerak beberapa aksi pembelaan terhadap profesi wartawan, salah satunya melalui organisasi Solidaritas Wartawan untuk Transparansi (SOWAT).

Munculnya Syahnan Rangkuti, diprediksi akan memberikan warna tersendiri dalam prosesi Konfercab. Tokoh ini dianggap sebagai salah satu calon alternatif . Idealisme dan latar belakangnya yang bebas dari konflik kepentingan membuat Syahnan cukup diperhitungkan dalam pemilihan Ketua PWI Riau tersebut.

Sementara itu, Menurut Koordinator Forum Peduli Wartawan Riau, Jupernalis Samosir, majunya Syahnan Rangkuti sebagai kandidat calon, akan membawa nuanasa baru bagi perjalanan profesi kewartawanan di Riau.

"Saya mendukung pencalonan Syahnan Rangkuti, ini akan menjadi nuansa baru kehidupan jurnalisme di Riau." kata Jupernalis.

Dukungan Jupernalis atas pencalonan Syahnan Rangkuti dirasa cukup beralasan, dan paling tidak menunjukkan adanya nuansa baru bagi organisasi profesi wartawan di Riau.

"Selama ini, terkesan bahwa organisasi wartawan Riau, hanya dipimpin oleh kawan-kawan dari media media terbitan lokal, “ ujar Jupernalis.

Menurut Jupernalis, selama ini kredibilatas dan kepedulian Syahnan Rangkuti, khusunya terhadap kewartawanan, tidak diragukan lagi. Mulai dari pembelaan hingga sumbangsih saran dan pemikiran atas sejumlah masalah masalah yang dihadapi wartawan Riau.

“ Jadi ini bukan latah latahan . Kita berharap kawan kawan dapat memberikan dukungan kepada rekan Sahnan Rangkuti, “ tambah Jupernalis, yang juga wartawan Tempo ini.