Pertamina Dumai sosialisasi Kampung Minapolitan

id Pertamina Dumai,Pertamina, dumai

Pertamina Dumai sosialisasi Kampung Minapolitan

Kawasan minapolitan (Foto: Antaranews)

Dumai (ANTARA) - Pertamina RU II Dumai sosialisasikan organisasi koperasi dan konsep kampung minapolitan pada Kelompok Tanjung Palas Utuh Nelayan Asli (Tuna) guna meningkatkan perekonomian warga.

Sosialisasi kepada mitra binaan program sosial kemasyarakatan atau CSR Pertamina RU II ini komitmen dalam pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan untuk mewujudkan kemandirian.

Kepala Humas Pertamina RU II Dumai Brasto Galih Nugroho menjelaskan sosialisasi merupakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan pada kelompok TUNA Kelurahan Tanjung Palas, sebagai motor penggerak dalam mewujudkan kemandirian.

"Ini untuk mewujudkan kemandirian kelompok dan masyarakat dalam bentuk koperasi dan terciptanya kampung minapolitan pertama di Kota Dumai," kata Brasto, Jumat.

Dikatakan, koperasi merupakan badan usaha yang dapat digunakan oleh TUNA untuk menjalankan aktivitas perekonomian demi kesejahteraan bersama.

Kawasan minapolitan dapat diartikan kawasan bisnis berbasis perikanan dimana tujuannya adalah menjadikan kawasan di Tanjung Palas tersebut sebagai kawasan bisnis perikanan di Kota Dumai.

"Apabila kampung minapolitan terwujud, maka tersedia pula wadah bagi kelompok masyarakat untuk pengembangan perekonomian melalui koperasi nantinya," sebut Brasto.

Sementara, Penyuluh Koperasi Wilayah Kecamatan Dumai Timur Heri Kuswanto menyebutkan bahwa tolak ukur dari kemandirian kelompok masyarakat terlihat dari berdirinya koperasi.

"Tampaknya ini merupakan salah satu langkah strategis diicanangkan Pertamina dalam mewujudkan kemandirian kelompok mitra binaan," kata Heri.

Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai Nur Arkham mengapresiasi atas program lanjutan CSR yang dijalankan Pertamina.

“Kita antusias sekali dalam mewujudkan kampung minapolitan, karena denyut ekonomi masyarakat khususnya nelayan dan mitra binaan lainnya akan kokoh, dan konsepnya juga sangat bagus untuk menggerakkan perekonomian di bidang perikanan," sebut Nur.

Menurutnya, di dalam konsep minapolitan terdapat aktivitas ekonomi dari hulu-hilir untuk meningkatkan produktifitas dan pendapatan masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, melibatkan narasumber berasal dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Dumai dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai.

Baca juga: 80 anak putus sekolah di Dumai ikuti Paket C diprakarsai Pertamina

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina Dumai siap berproduksi usai perbaikan