Ratusan rumah dan sawah di Teluk Lanus Siak terendam banjir

id Banjir siak, teluk lanus, banjir

Ratusan rumah dan sawah di Teluk Lanus Siak terendam banjir

Pemkab Siak bersama warga Teluk Lanus di lokasi banjir. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Ratusan rumah dan sawah di Teluk Lanus, Kabupaten Siak, terendam banjir akibat seringnya turun hujan di daerah itu selama beberapa hari ini.

Menyikapi itu, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Sosial menyerahkan sebanyak 100 paket sembilan bahan pokok kepada masyarakat Kampung Teluk Lanus kecamatan Sungai Apit yang mengalami musibah banjir.

Asisten III Sekretariat Pemkab Siak, Jamaludin datang langsung ke lokasi yang memiliki waktu tempuh 4-5 jam dari Kecamatan Siak. atas perintah langsung Bupati Siak Alfedri, Jamaluddin melihat langsung kondisi masyarakat yang rumah dan lahan sawahnya terendam.

"Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Dusun Teluk Lanus, yang cepat tanggap melaporkan kondisi keadaan masyarakatnya di Teluk Lanus sehingga kita bisa dapat melihat langsung kondisi yang terjadi dan kita sampai disini," katanya.

Dikatakannya lagi, bahwa bantuan ini merupakan program dana tanggungjawab sosial Badan Usaha Milik Daerah PT Bumi Siak Pusako yang diserahkan ke Dinsos. Bantuan itu terdiri dari beras, telur, ikan kaleng, minyak goreng dan juga selimut karena kondisi yang dingin.

Dari tinjauan yang dilakukan, Jamaluddin mengungkapkan sebanyak 130 rumah masyarakat yang teredam banjir. Selain itu 600 hektar lahan sawah yang menjadi mata pencarian masyarakat ikut teredam, mengakibatkan gagal panen.

"Dengan bantuan yang kita berikan ini, diharapkan mampu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. Pasca banjir nanti kita Pemkab Siak juga akan memikirkan kembali apa saja yang perlu kita bantu bagi masyarakat," sebutnya

Sementara Camat Sungai Apit Wahyudi memberikan semangat bagi masyarakat Teluk Lanus. Dia meminta masyarakat untuk banyak banyak bersabar atas musibah yang terjadi.

"Kejadian air naik (pasang keleng) dan banjir ini terjadi lima tahun sekali, dan ini setelah lima tahun ini kembali terjadi," ungkapnya.

Selain itu pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Siak juga turut memberikan bantuan. Itu berupa pengobatan gratis bagi masyarakat yang terkena banjir.

Baca juga: Sudah Empat Hari Warga Rumbai Terendam Banjir Luapan Sungai Siak

Baca juga: Bupati Siak Sambangi Korban Banjir


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar