Ketua MPR dukung Hari Pers Nasional dilaksanakan secara virtual

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara,HPN

Ketua MPR dukung Hari Pers Nasional dilaksanakan secara virtual

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendukung pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara virtual pada 7 sampai 9 Februari 2021 saat menghadiri kegiatan Pengurus PWI Pusat yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Selasa (12/1/2021). (ANTARA/ Dok. Akhmad Munir)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mendukung peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dilaksanakan secara virtual pada Minggu 7 Februari hingga Selasa 9 Februari 2021.

Menurut Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, momentum HPN 2021 perlu didukung karena pers adalah komponen penting di dalam negara demokrasi seperti Indonesia.

Baca juga: HPN 2020: hutan pers, Presiden Jokowi tanam pohon Marsawa yang sudah berusia 16 tahun

"Atas undangan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), saya siap hadir baik secara aktual maupun virtual. Asalkan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujar Bambang Soesatyo dalam kegiatan Pengurus PWI Pusat yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Selasa (12/1).

Bamsoet, diketahui pernah berkiprah menjadi wartawan di sejumlah media massa. Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari pun langsung meminta kesediaan Ketua MPR RI itu untuk hadir pada peringatan HPN 2021.

Bamsoet menyambut baik dan pertemuan dengan pengurus PWI Pusat dan Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 hari itu berlangsung hangat dan akrab.

Usai melakukan pertemuan virtual dengan Ketua MPR RI, Panitia HPN langsung melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Seperti halnya Ketua MPR, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga menyambut baik rencana PWI Pusat dan Panitia HPN 2021 untuk melakukan HPN secara virtual.

"Meskipun secara virtual, saya wajib mendukung dan ikut serta pada Hari Pers Nasional 2021. Melalui PWI saya menitipkan agar di masa pandemi saat ini UMKM senantiasa berjuang agar terus dapat bertahan demi kelangsungan hidup. UMKM saat ini juga dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital," kata Teten.

Menteri Koperasi dan UKM dalam kesempatan itu menitipkan pesan kepada pelaku UMKM agar bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat saat ini.

Ketua Umum PWI Pusat mengucapkan terima kasih karena rencana pelaksanaan peringatan HPN 2021 disambut baik oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki.

Peringatan HPN 2021 mengambil lokasi puncak di Ancol, Jakarta Utara, sesuai rencana awal, meski pelaksanaannya akan berlangsung secara virtual.

Ketua Panitia HPN 2021 Auri Jaya mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyarankan hal tersebut beberapa waktu yang lalu.

"Langkah itu diambil akibat pandemi COVID-19 yang belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Untuk itu, PWI Pusat lewat Panitia HPN berinovasi peringatan HPN dikemas dalam bentuk virtual," kata Auri.

HPN 2021 menjadi HPN pertama yang diselenggarakan secara virtual oleh PWI Pusat dan diikuti secara serentak oleh seluruh PWI Provinsi, PWI Kabupaten dan Kota serta konstituen Dewan Pers lainnya, dan ditargetkan akan diikuti oleh sepuluh ribu wartawan dari seluruh Indonesia.

"HPN 2021 akan diikuti oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Serikat Perusahaan Pers (SPs), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Serikat Grafika Pers (SGP), Pewarta Foto Indonesia (PFI) secara virtual," ujar Auri Jaya.

Selain Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan juga Ketua Panitia HPN Auri Jaya, kegiatan pada siang itu dihadiri juga oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Sekjen PWI Pusat Marthen Selamet, Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Abdul Aziz.

Selanjutnya, Ketua Bidang Pendidikan Nurjaman Mokhtar, Ketua Bidang Pembinaan Daerah Akhmad Munir, Bendahara Umum M Ihsan, Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga, Sekretaris Panitia HPN Kesit B Handoyo, Ketua Bidang Bakti Sosial HPN M Nasir, serta Penanggung Jawab Humas HPN Mercys Charles Loho.

Baca juga: Jokowi kapok jika tak hadir di acara HPN

Baca juga: Presiden Joko Widodo jadi buruan kalangan jurnalis se-Indonesia untuk swafoto


Pewarta : Abdu Faisal

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar