Hattrick Rashford hiasi kemenangan besar MU atas Leipzig

id Liga Champions, Manchester United, RB Leipzig

Hattrick Rashford hiasi kemenangan besar MU atas Leipzig

Striker Manchester United Marcus Rashford merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim saat mengalahkan RB Leipzig dalam laga grup Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, 28 Oktober 2020. (REUTERS/PHIL NOBLE)

Jakarta (ANTARA) - Marcus Rashford mencetak trigol pada babak kedua membawaManchester United memimpin grup H Liga Champions dengan kemenangan 5-0 melawan pemuncak klasemen liga Jerman RB Leipzig, Kamis dini hari WIB.

Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer yang mengalami kesulitan pada awal musim di Liga Inggris kini mengemas enam poin dari dua pertandingan setelah mencatat kemenangan mengesankan pada laga pembuka melawan Paris Saint-Germain.

United memimpin pada pertengahan babak pertama ketika Marcus Greenwood mendapatkan umpan terobosan dari Paul Pogba dan mengoper bola melewati Peter Gulacsi untuk masuk ke sudut jauh.

Rashford yang menjadi pemain pengganti mencetak tiga gol ketika masuk pada menit ke-63 untuk mengingatkan Solskjaer bahwa dia adalah pemain utama di Old Trafford.

Anthony Martial juga turut menciptakan gol dari tendangan penalti pada malam yang luar biasa untuk sang juara Eropa tiga kali yang kini memuncak klasemen Grup H.

Greenwood, yang bulan lalu dipulangkan oleh timnas Inggris karena melanggar protokol virus korona, dipasang sebagai starter mendampingi Martial, sebaliknya Rashford dan Bruno Fernandes secara mengejutkan dibangkucadangkan.

Leipzig memulai dengan gemilang dengan mengurung tuan rumah tetapi United tenang menghadapi tekanan.

Fred memaksa kiper lawan melakukan penyelamatan pada awal laga sebelum tembakan Luke Shaw diblok oleh kepala Yussuf Poulsen. Sementara itu Martial menerobos masuk kotak penalti lawan tetapi gagal mendapati Pogba di sana.

Tim tuan rumah memecahkan kebuntuan ketika Pogba melaju ke depan dari lini tengah dan mendapati Greenwood yang mengatur waktunya dengan sempurna menjelang masuk kotak dan melepaskan tembakannya dengan akurasi tinggi.

United harus terlebih dahulu menantikan keputusan VAR karena ada potensi offside sebelum gol itu terjadi.

Leipzig segera bangkit setelah gol itu dengan menahan United untuk waktu yang lama selama sisa babak pertama.

United memohon penalti segera setelah turun minum ketika bola mengenai lengan Ibrahima Konate tetapi VAR memutuskan tidak ada penalti.

Penjaga gawang United David de Gea melakukan penyelamatan gemilang saat menghalau Konate di tiang belakang dari sudut sempit setelah bola diteruskan oleh Poulsen.

Tim tamu yang kini memasukkan Marcel Sabitzer dan Alexander Sorloth ke lapangan berusaha memburu defisit tetapi United menjadi lebih berbahaya saat turun minum.

Fernandes mengirim bola pertama yang luar biasa ke Rashford yang kencang menerobos masuk pertahanan lawan untuk melewati Gulasci.

Hakim garis telah menaikkan benderanya karena offside tetapi VAR memeriksa keputusan tersebut dan memutuskan penyerang ini belum berlari saat bola dikrimkan dan gol pun dihadiahkan kepada dia.

Rashford mencetak gol lagi empat menit kemudian untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Martial mengubah lagi kedudukan menjadi 4-0 saat mengambil penalti setelah pemain Prancis itu dijatuhkan di dalam kotak.

Striker Inggris itu menyelesaikan hattricknya pada waktu tambahan untuk menutup penampilan yang menghancurkan lawan.