PT CPI bantu 20 kelompok tani Riau tingkatkan ketahanan pangan saat pandemi

id Bantuan pangan,Pt CPI

PT CPI bantu 20 kelompok tani Riau tingkatkan ketahanan pangan saat pandemi

Peewakilan kelompok tani menerima bantuan program ketahanan pangan  menghadapi pandemi COVID-19 dari PT CPI. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 20 kelompok tanidari enam kabupaten/kota di Riau menerima bantuan program ketahanan pangan menghadapi pandemi COVID-19 dari PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI).

Bentuk bantuan berupa sarana produksi pertanian, pelatihan, dan pendampingan sesuai identifikasi kebutuhan masing-masing Poktan, serta pemasaran produk secara daring.

"PT CPI berinisiatif untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian, khususnya sektor pertanian rakyat, dan memperkuat kestabilan penyediaan pangan," kata GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin di Pekanbaru, Kamis.

Sukamto mengatakan penerima bantuan Poktan tersebar di sekitar area operasi PT CPI, yakni di Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Pekanbaru.

Program ketahanan pangan yang digagas PT CPI ini akan berjalan sekitar enam bulan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pemantauan (monitoring) untuk memastikan keberlanjutan program.

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan kepada perwakilan Poktan berlangsung di Kampus Bina Widya Universitas Riau (Unri) pada Kamis (22/10).

Dalam pelaksanaan program ketahanan pangan ini, PT CPI bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Unri). LPPM Unri melaksanakan kegiatan verifikasi, penyaluran bantuan, dan pendampingan kepada setiap poktan yang terpilih.

LPPM Unri memverifikasi dan memilih Poktan berdasarkan informasi dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota setempat. Selain bekerja sama dengan LPPM Unri, PT CPI juga menggandeng Center for Entrepreneurship and Third Sector Universitas Trisakti (CECT Trisakti) untuk memberikan pelatihan pemasaran secara digital kepada seluruh poktan terpilih.

Rektor Universitas Riau mengucapkan terima kasih kepada PT CPI yang telah memberikan kepercayaan kepada LPPM Unri untuk melakukan penyaluran dan pendampingan program ini. Selain itu, program bantuan tersebut juga selaras dengan tema Milad Universitas Riau ke-58 yakni ”UNRI Mapan, Riau Mandiri Pangan, Indonesia Maju.”

Sementara itu, Direktur CECT Universitas Trisakti Dr. Maria R Nindita Radyati PhD menyampaikan bahwa program yang dijalankan PT CPI ini sangat diperlukan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya bidang ekonomi.

Program ini berkontribusi signifikan terhadap sejumlah pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) daerah, khususnya poin SDG tentang Tanpa Kelaparan, Air Bersih dan Sanitasi Layak Kota, Permukiman yang Berkelanjutan, dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.