Bupati Rokan Hilir resmikan revitalisasi pasar rakyat "Tuk Lahasyim"

id Pasar,rohil, rokan hilir, berita rohil, bupati rohil

Bupati Rokan Hilir resmikan revitalisasi pasar rakyat "Tuk Lahasyim"

Bupati Rokan Hilir Suyatno berbincang bersama pedagang di Pasar Tuk Lahasyim, Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko, Kamis (18/6/2020). (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Rokan Hilir Suyatno meresmikan revitalisasi pasar rakyat "Tuk Lahasyim" di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko, yang merupakan bantuan program tugas pembantuan Kementerian Koperasi dan UKM RI tahun anggaran 2019.

"Pasar ini bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Jadi dengan diresmikannya pasar ini saya minta kepada Dinas Koperasi dan UMKM Rokan Hilir terus melakukan pembinaan terhadap pasar di Tuk Lahasyim ini," kata Suyatno usai peresmian, Kamis (18/6).

Bupati menyebutkan, berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM setempat, sementara ini koperasi di pasar Tuk Lahasyim dipegang oleh koperasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rokan Hilir.

"Nah di Labuhan Tangga Kecil ini sudah dibentuk koperasi, itu segera dipindahtangankan, dari Koperasi DMI ke koperasi masyarakat Labuhan Tangga Kecil ini, supaya nanti jalan," harapnya.

Bupati minta agar nantinya koperasi yang dikelola oleh orang asli Labuhan Tangga Kecil ini, agar betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pasar ini.

"Contoh, tadi saya meninjau ke belakang WC nya bagus dan bersih, airnya juga bersih. Kalau dapat tiap hari itu bersih. Nah, pasar enam pintu ini semuanya sudah terisi, satu kantor untuk koperasi," kata Suyatno.

Ia melihat pasar Tuk Lahasyim selalu ramai orang melakukan transaksi di pasar ini. Menurutnya kalau dikembangkan dan percantik lagi akan bagus dan ramai. Seperti di Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang itu ramai sekali.

"Akses jalan masuk ke pasar ini juga tidak bisa kita biarkan, dan nanti akan kita programkanlah bagaimana jalan masuk itu bagus. Jadi orang membawa dagangannya gampang, tak susah dengan becek-becek begitu," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Rokan Hilir Wazirwan Yunus mengatakan, pasar Tuk Lahasyim ini dibangun ada enam kios pasar. Tiga kios diisi oleh pedagang toko emas, dua kios untuk pedagang kuliner bakso dengan sate, dan satu lagi untuk koperasi.

"Kita berharap nanti kepada Pak Penghulu Labuhan Tangga Kecil dengan jajarannya akan bisa membentuk koperasi pasar ini," kata Wazirwan.

Baca juga: Dampak COVID-19, Bakar Tongkang di Rokan Hilir ditiadakan

Baca juga: Pembagian sembako di 18 kecamatan di Rohil selesai