Mengenal TRC, Kopassus-nya pemadam api Sinarmas Forestry

id Sinar Mas, Riau, Karhutla,TRC Sinarmas, karhutla, sinarmas

Mengenal TRC, Kopassus-nya pemadam api Sinarmas Forestry

Rasman (baju merah) salah satu personel tim reaksi cepat (TRC) di Riau. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Jika di TNI terdapat Komando Pasukan Khusus, jajaran prajurit elit TNI yang disegani militer dunia, maka di Riau terdapat tim reaksi cepat, pasukan elit yang menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Tim reaksi cepat atau TRC merupakan tim elit pemadam kebakaran yang berdiri sejak 2015. Mereka terdiri dari beberapa tim, mulai dari tim Alpha, Betha, Bravo, Charlie dan lainnya dengan total personel 43 orang.

Setiap anggota TRC dibekali keahlian khusus untuk dapat cepat dan tanggap menangani kebakaran, dengan memperhitungkan arah angin, pergerakan kepala api hingga pelatihan bertahan ketika tersesat selama dua hari.

"Mereka ini adalah tim pilihan dari ratusan regu pemadam kebakaran kita," kata Fire Operation Manager Region Riau APP-Sinar Mas, Deny Widjaya kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan saat melaksanakan pemadam kebakaran, para personel TRC juga dilengkapi ransum atau makanan instan ala militer sehingga mereka bisa bertahan selama dua hari ketika hal terburuk terjadi, misal tersesat atau terhambat dalam proses penjemputan.

TRC merupakan tim khusus yang dibentuk oleh APP Sinar Mas. Mereka bermarkas di komplek industri APP Sinar Mas di Kota Perawang, Kabupaten Siak, Riau.

Denny mengatakan keberadaan TRC berkaitan erat dengan konsep penanggulangan Karhutla terpadu yang diterapkan oleh perusahaan kertas terkemuka di dunia itu. Dia mencontohkan, ketika tim control room mendapatkan informasi titik api namun lokasi Karhutla tidak dapat dijangkau dengan darat, maka TRC akan diterbangkan dengan menggunakan helikopter milik APP Sinar Mas.

Untuk diketahui, APP Sinar Mas sendiri saat ini menyiagakan dua helikopter Super Puma, satu helikopter MI 171 serta tiga helikopter jenis Bell. "Jadi mereka akan diterbangkan untuk langsung ke lokasi Karhutla. Mereka dibekali dengan peralatan mesin, selang air, oksigen dan lainnya. Di sana mereka akan langsung menyebar melakukan pemadaman dengan cepat," ujarnya.

Rasman, salah satu anggota TRC mengaku bangga diberikan kepercayaan menjadi tim elit tersebut. Dia mengatakan telah tiga tahun menjadi bagian dari TRC, setelah sebelumnya mengabdi di regu pemadam kebakaran Distrik Gelombang.

Dia percaya dengan kemampuan yang dimilikinya bisa mengatasi Karhutla dengan baik dan efektif. "Saya pernah punya pengalaman kurang baik ketika berhadapan dengan api di Dumai. Saat itu angin berhembus cepat dan berubah arah. Otomatis api juga berubah arah, namun dengan keterampilan yang kita miliki kita berhasil mengatasi dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Mengintip sistem canggih penanggulangan Karhutla Sinar Mas

Baca juga: Helikopter water bombing padamkan karhutla di Siak


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar