Pertamina Dumai gelar aksi bersihkan sampah areal kilang minyak

id Sampah dumai, pertamina dumai,hari bersih sampah,berita riau antara,berita riau terbaru

Pertamina Dumai gelar aksi bersihkan sampah areal kilang minyak

Walikota Dumai Zulkifli As (tengah) ikut aksi bersih sampah di sekitar areal kilang minyak Pertamina RU II, Senin (24/2/2020). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - PT Pertamina RU II Dumaimemperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 dengan kegiatan aksi bersih bersih sampah dan plastik di area operasi kilang minyak dan perumahan karyawan.

Aksi bersih sampah ini melibatkan pekerja dan sekitar 250 peserta dari berbagai elemen masyarakat di sekitar kilang RU II serta perwakilan pelajar dan mahasiswa, dihadiri Walikota Dumai Zulkifli As, Pjs General Manager Pertamina RU II Permono Avianto dan jajaran unsur pimpinan daerah setempat.

Pjs GM Permono Avianto menyatakan peringatan jari peduli sampah ini upaya untuk semakin meningkatkan kesadaran insan Pertamina dan juga masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah.

"Melalui aksi ini agar semangat kepedulian sampah dapat semakin dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat," kata Permono, Senin.

Dijelaskan, selain sebagai wujud keterlibatan Pertamina RU II, kegiatan ini juga menjadi bentuk pelestarian tradisi masyarakat Indonesia yang mungkin telah banyak ditinggalkan yakni gotong royong.

Para peserta diajak bergotong royong menyusuri kawasan Jalan Puteri Tujuh untuk bersama-sama mengumpulkan sampah, dan uniknya plastik pengumpul sampah digunakan adalah bioplastik berbahan dasar singkong yang dapat diurai mikroba alami dengan cepat.

Walikota Dumai Zulkifli AS menyampaikan apresiasi pada Pertamina RU II atas kegiatan ini, karena kota industri identik dengan kumuh dan panas dampak aktivitas pabrik, dan jadi tugas bersama menciptakan kondisi lingkungan lebih nyaman bagi masyarakat.

Untuk menangani persoalan sampah, Pemkot Dumai sudah membentuk oganisasi perangkat daerah Dinas Lingkungan Hidup karena sampah membawa dampak besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

"Sampah rumah tangga penyumbang terbesar sampah, dan pemerintah memiliki serangkaian program pengendalian sampah, namun ini tidak hanya menjadi peran pemerintah dan dibutuhkan sinergi baik dengan masyarakat," kata Zulkifli.

Kegiatan peduli sampah ini melibatkan berbagai elemen masyarakat di antaranya perwakilan Kelurahan Tanjung Palas, Jaya Mukti dan Teluk Binjai, perwakilan OSIS SMP dan SMA serta perwakilan BEM Kota Dumai.

Selain gotong royong, pada momen ini Pertamina RU II juga berkesempatan memberikan bantuan berupa 1 unit kendaraan pengangkut sampah kepada pemerintah kota Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Baca juga: Geger ada orok bayi di tempat pembuangan sampah

Baca juga: Dikira kantong sampah biasa, pas dirobek ternyata ada sesosok mayat yang dimutilasi


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar