Diskes Riau dukung pemanfaatan sayuran organik bagi kesehatan keluarga

id dinkes riau, rapp, pt rapp, bpput rapp, bpput

Diskes Riau dukung pemanfaatan sayuran organik bagi kesehatan keluarga

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau sangat mendukung gerakan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman organik, seperti sayuran dan buah-buahan guna kesehatan dan peningkatan ekonomi keluarga.

"Karena tanaman organik baik sayuran buah-buahan itu gizinya lebih bagus untuk kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Rabu.

Mimi mengatakan tanaman sayuran dan buah organik lebih aman untuk dikonsumsi.

"Yang jelas tanaman organik lebih aman secara kimiawi (tak berpengawet) memiliki zat gizi lebih, lebih tahan lama dan kaya rasa yang," katanya.

Mimi juga mengapresiasi percontohan yang diberikan Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bagi masyarakat. Hingga mampu memperoleh sertifikasi Prima 3 dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Sertifikasi ini diberikan karena sayur kangkung dan jagung manis yang dibudidayakan BPPUT RAPP tanpa menggunakan bahan-bahan kimia dan dinyatakan sehat untuk dikonsumsi.

Jika perlu menular pada lingkungan masyarakat dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah dan pupuk organik yang juga ada dari hewan ternak di lingkungan masyarakat.

Perlu diketahui sebelumnya, kangkung dan jagung manis organik produksi Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PT RAPP memperoleh Sertifikasi Prima 3 dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Sertifikasi ini diberikan karena kangkung dan jagung manis yang dibudidayakan BPPUT RAPP tanpa menggunakan bahan-bahan kimia dan dinyatakan sehat untuk dikonsumsi.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Rosdi menjelaskan pemberian sertifikat ini merupakan program rutin setiap tahun yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap komoditas pangan bisa memenuhi standar yang aman dan layak konsumsi.

"Untuk itu kami berharap semua pihak, baik masyarakat dan stakeholder lainnya bisa mendukung program pemerintah ini ," kata Rosidi

Hal senada juga disampaikan, Kasi Keamanan Pangan Kabupaten Pelawaan Dinas, Febri Yeni. Ia mengatakan program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui kualitas produk.

Koordinator Regional CD PT RAPP, Gading Sahyoga mengatakan sertifikat ini merupakan tanda bahwa produk yang ditanam telah memenuhi kriteria aman pestisida. Program sertifikasi produk pertanian ini merupakan salah satu kegiatan pendampingan produk aman dari Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pelalawan.

"BPPUT sebagai balai pelatihan mempunyai komitmen dalam mensosialisasikan budidaya pertanian yang ramah lingkungan pada masyarakat agar komoditas yang dihasilkan aman dikonsumsi oleh masyarakat," ujar Gading.

Baca juga: Semalam di Ranah Minang cara Perantau obati kerinduan kampung halaman

Baca juga: Banyak sekolah binaan PT RAPP dapat Adiwiyata. Ini tanggapan Dinas Lingkungan Hidup


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar