Pohon tumbang ke jalur pantura Situbondo timpa truk yang melintas

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,pohon tumbang

Pohon tumbang ke jalur pantura Situbondo timpa truk yang melintas

Truk tronton tertimpa pohon tumbang di jalur pantura Situbondo. Selasa (24/12/19) (Foto Humas Polres Situbondo)

Situbondo (ANTARA) - Sebuah pohon berukuran besar jenis mahoni tumbang ke jalan raya pantai utara (pantura) Situbondo, Jawa Timur, Selasa, dan menimpa truk tronton yang melintas di jalur Jawa - Bali itu.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono mengatakan bahwa pohon tumbang ke jalur pantura dan menimpa truk tronton bernomor polisi B 9149 AU terjadi sekitar pukul 9:00 WIB di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

Baca juga: Dilanda Cuaca Ekstreme, Pemko Pekanbaru Waspadai Pohon Berpotensi Tumbang

"Setelah kami cek, ternyata pohon tersebut tumbang karena di bagian bawah batang pohon sudah keropos dan bekas dibakar, " katanya, kepada wartawan di Situbondo, Selasa.

Menurut ia, insiden tumbangnya pohon dan menimpa truk yang melintas ini tidak sampai menelan korban jiwa, karena batang pohon tumbang tepat menimpa di bagian tengah truk tronton tersebut.

Namun demikian, lanjutnya, akibat pohon tumbang itu menyebabkan jalur pantura Situbondo terjadi kemacetan panjang saat petugas BPBD, kepolisian dan warga melakukan evakuasi pohon tumbang.

"Memang sempat macet dan terjadi antrean panjang di jalur pantura, tapi tidak berlangsung lama arus lalu lintas kembali normal," kata Puriyono.

Sementara itu, Kapolsek Bungatan Iptu Pol Hasan Bisri mengemukakan kejadian pohon tumbang yang menimpa truk tronton, saat truk tersebut melaju dari arah timur dan tiba- tiba pohon mahoni yang berada di tepi jalan raya tiba-tiba roboh mengenai truk.

"Selama proses evakuasi dilakukan penutupan jalan untuk sementara dikarenakan proses menggunakan alat berat untuk memindahkan pohon yabg ukurannya cukup besar," katanya.

Sebelumnya, memasuki musim hujan pada tahun ini, dinas terkait telah melakukan pemangkasan puluhan pohon yang ada di tepi jalan raya pantura Situbondo.

Pemangkasan pohon asem dan jenis pohon lainnya dipangkas guna nenghindari hal tidak diinginkan yang dapat menimpa pengendara, terlebih saat ini memasuki libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Pohon tumbang tutup Jalan Sisingamangaraja Pekanbaru

Baca juga: Enam rumah di Batang roboh karena angin kencang


Pewarta : Novi Husdinariyanto

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar