Serangan siber serbu perusahaan Spanyol, termasuk radio Cadena SER

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Serangan siber serbu

Serangan siber serbu perusahaan Spanyol, termasuk radio Cadena SER

Ilustrasi serangan di dunia siber (cyber attack). (msn.com)

Madrid (ANTARA) - Serangan siber menyerbu perusahaan Spanyol termasuk radio Cadena SER, demikian Departemen Keamanan Nasional Spanyol pada Senin.

Virus tersebut berdampak pada siaran lokal Cadesan SER, meski output nasional tidak bermasalah, kata lembaga penyiar tersebut yang memiliki rangkaian stasiun daerah dan pedesaan.

Baca juga: Pemerintah diminta perkuat keamanan siber terkait pengoperasian Tol Langit

"Kami disarankan untuk tidak bekerja dengan komputer kami di lingkungan jaringan tersebut," kata salah seorang sumber di stasiun itu kepada Reuters.

Departemen Keamanan Nasional tidak mengidentifikasi korban lain, dari yang disebutnya sebagai serangan ransomware terhadap sejumlah perusahaan.

Serangan sejenis itu biasanya mengunci sistem komputer yang terkena virus hingga sistem pembayaran, biasanya dalam bentuk cryptocurrency, yang dikirim ke peretas.

Sejumlah perusahaan termasuk operator bandara Aena dan KPMG Spanyol mencuit di Twitter bahwa mereka tidak terpengaruh, kendati Aena mengaku pihaknya telah mengambil beberapa langkah pencegahan.

Outlet media teknologi Xataka, portal berita daring El Confidencial dan harian El Mundo mengatakan perusahaan data Spanyol Everis juga ikut berpengaruh dan memperbolehkan karyawannya untuk pulang dengan perintah mematikan perangkat. Juru bicara Everis menolak untuk dimintai komentar.

Baca juga: Serangan siber "zero-day" terpa Android, ponsel-ponsel ini terdampak

Baca juga: Indonesia Menjadi Negara No.27 Paling Banyak Terserang Siber


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari