Jurnalis ANTARA raih juara pertama Hari Listrik Nasional Riau-Kepri

id PLN Riau Kepri, PFI Pekanbaru, listrik, hari listrik nasional, PLN,PFI Pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru,wartawan ANTARA,wartawan ANTAR

Jurnalis ANTARA raih juara pertama Hari Listrik Nasional Riau-Kepri

Jurnalis LKBN Antara Anggi Romadhoni meraih juara pertama pada lomba karya tulis jurnalistik hari listrik nasional (HLN) ke-74 yang diselenggarakan PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru. (ANTARA/HO- PLN Riau-Kepulauan Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Jurnalis Lembaga Kantor Berita Antara, Anggi Romadhoni, berhasil meraih juara pertama pada lomba karya tulis jurnalistik hari listrik nasional (HLN) ke-74 yang diselenggarakan PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru.

Penghargaan tersebut diberikan oleh senior manager SDM dan Umum PT PLN Persero Wilayah Riau-Kepulauan Riau, Vick Nawan usai apel peringatan HLN ke-74 di Kota Pekanbaru, Riau, Senin.

Anggi meraih juara pertama berkat artikel yang berjudul "Pelita Di Belantara Mangrove Pulau Terluar Indonesia" yang tayang pada 15 Oktober 2019. Tulisan itu mengangkat keberhasilan PLN mengentaskan masalah klasik keterbatasan listrik di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Rupat merupakan pulau yang berada persis di bibir Selat Malaka. Pada 17 Agustus 2019 lalu, PLN telah menuntaskan penyaluran listrik di Pulau berpenduduk 47.000 jiwa itu selama 24 jam penuh. Keberadaan listrik mengangkat derajat masyarakat, salah satunya suku akit yang merupakan suku asli yang mendiami pulau itu sejak abad 15 silam.

Sementara peringkat kedua ditempati Abdullah Sani dari media daring Merdeka.com dengan artikel berjudul "Bertaruh Nyawa Demi Listrik Masuk Desa" dan tempat ketiga Gema Setara dari harian Riau Pos dengan tulisan "Cahaya Di Ujung Jeram".

PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau menggelar lomba karya jurnalistik terbuka untuk insan pers di dua provinsi bertetangga itu dengan mengangkat tema "Menembus Batas Riau Terang 2019". Lomba karya jurnalistik itu digelar oleh PLN dengan menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru.

Pemenang pertama mendapat hadiah uang Rp7.500.000 dan sertifikat, pemenang kedua mendapatkan Rp5.000.000dan sertifikat, serta pemenang ketiga mendapatkan uang Rp3.500.000berikut sertifikat. Selain itu, juga terdapat penghargaan untuk posisi harapan satu hingga tiga yang berhak meraih hadiah masing-masing uang tunai Rp3.500.000berikut sertifikat.

Selain lomba karya jurnalistik, PLN Riau-Kepulauan Riau dan PFI Pekanbaru juga menggelar lomba foto kategori umum dan internal. Secara keseluruhan, sebanyak 18 peserta terpilih menjuarai lomba karya tulis jurnalistik dan foto tersebut.

Pada sesi penjurian (25/10) lalu, para dewan juri baik foto maupun karya tulis Jurnalistik terlibat saling beradu argument dalam menentukan peserta lomba.

Syahnan Rangkuti wartawan senior Kompas yang menjadi juri karya tulis jurnalistik mengatakan bahwa hampir sebagian peserta lomba karya tulis jurnalistik mengangkat topik yang sama yakni manfaat dari listrik PLN.

"Hampir sebagian peserta mengangkat topik yang sama yakni manfaat dari listrik," ujarnya.

Tambah Syahnan lagi yang membuat para dewan juri bangga yakni antusias para wartawan yang mengikuti lomba karya tulis jurnalistik terdiri dari media nasional, lokal yang berdomisili di Riau dan Kepulauan Riau.

"Keragaman peserta baik dari media nasional maupun lokal di kota maupun dari daerah itu yang membuat kami bangga," jelasnya.

Baca juga: Jepretan Sang Gubernur tandai pembukaan pameran foto PFI "Rekam Jejak Riau Bangun Negeri"

Berikut para pemenang lomba karya tulis jurnalistik dan foto PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau dan PFI Pekanbaru

Kategori Karya Tulis Jurnalistik

Juara 1 :

Pelita di Belantara Mangrove Pulau Terluar Indonesia (Anggi Romadhoni/LKBN ANTARA)

Juara 2 : Bertaruh Nyawa Demi Listrik Masuk Desa (Abdullah Sani/Merdeka.com)

Juara 3 : Cahaya di Ujung Jeram (Gema Setara / Riau Pos)

Harapan I : Tak Lagi Menunggu Purnama, kini Pulau Padang Terang Benderang (Ali Imron/halloriau.com)

Harapan II: Listrik Tiba, Desa Tasik Tebing Serai Merdeka Dari Gulita (Panji Ahmad Syuhada/Pos Metro Rohil)

Harapan III : Menanti Listrik Tambelan Segera 24 Jam (Robby Patria/Tanjung Pinang Post).

Kategori Foto Umum

Juara 1 : Isi Token Listrik ( Chamudi Setybudi)

Juara 2 : Pemasangan Jaringan Transmisi Tenayan Raya ( Domiyanto)

Juara 3 : Menembus Batas Terang ( Andisuryanto)

Harapan I : Bersama Menerangi Negeri ( Hasnil Yusuf)

Harapan II : Lebih praktis dan hemat, motor listrik kendaraan ( Nico Situmorang)

Harapan III : Menikmati Sunset di Tanjung Pinang ( Yuli Seperi)

Kategori Foto Internal

Juara 1 : Listrik untuk Pembangunan Daerah

Juara 2 : Bridge

Juara 3 : PLN mobile untuk hidup lebih mudah

Harapan I : Dimanapun kondisinya Apapun Pekerjaannya Keselamatan kita adalah yang Paling Utama

(Jerryco GP Sihombing @jpsihombing)

Harapan II : gak ada judul (Slamet Wijiatmoko @swijiatmoko)

Harapan III : Menerangi di Ketinggian

(Kinkin Risnawati)

Baca juga: Jepret, inilah hasil foto Gubernur Riau Syamsuar ketika balik memotret fotografer Pekanbaru

Baca juga: Gubri buka pameran foto "Rekam Jejak Riau Bangun Negeri" sore ini, begini penjelasannya


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar