Gubernur Riau Tantang Ellyas Pical

id gubernur riau, tantang ellyas pical

Pekanbaru, 19/1 (ANTARA) - Gubernur Riau HM Rusli Zainal dipastikan menantang mantan juara tinju dunia, Ellyas Pical dalam pertarungan tiga ronde yang digelar di Pekanbaru, Sabtu, (22/1), pagi.

"Pertarungan antara gubernur versus Ellyas Pical, merupakan pertandingan eksebisi untuk menggaungkan pelaksanaan PON XVIII di Riau tahun 2012," ujar Manager Rusli Zainal, Zulkarnain Kadir, kepada pers di Pekanbaru, Rabu.

Saat ini, kata Zul yang juga menjabat Kepala Badan Keselamatan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Provinsi Riau itu, gubernur Riau sedang berlatih keras pada salah satu sasana tinju di Pekanbaru.

Materi latihan yang diberikan mulai dari fisik, berlindung, hingga teknik pukulan kepada "The Challengger", julukan bagi sang gubernur untuk mengimbangi permainan Ellyas Pical yang merupakan juara dunia IBF kelas bantam junior tahun 1985.

Rusli Zainal (53), sendiri sama sekali tidak memiliki pengalaman di ring tinju baik tingkat amatir ataupun profesional.

Namun, masa kecil beliau sering berkelahi melihat ketidakadilan sebelum kemudian aktif di remaja mesjid dan menjadi qoriah nasional sambil menempuh pendidikan yang mengantarkannya menjadi bupati Indragiri Hilir dan gubernur Riau dua periode.

"Meski beliau (Rusli Zainal) tidak ada pengalaman, tapi dalam pertandingan nanti tidak ada rekayasa. Semuanya berlangsung 'fair play', dan murni demi kepentingan mnyemarakkan PON," tegas Zul.

Ketua Pertina Riau, Robin P Hutagalung, dalam kesempatan terpisah menyatakan, pertarungan dua orang yang berlainan latar belakang itu merupakan partai puncak dari persemian Ring Tinju Pertina Riau, komplek olahraga di Rumbai, Pekanbaru.

Ellyas Pical dan managernya dijadwalkan tiba di Kota Pekanbaru, Kamis, (20/1), dan kemudian melakukan berbagai persiapan diantaranya berlatih serta menjalani cek kesehatan dan timbang badan pada Jumat, (21/1).

"Kesempatan ini merupakan ajang terhormat bagi Riau, dan diharapkan mampu memotivasi atlet-atlet tinju lokal. Oleh sebab itu, kami mengharapkan warga Riau bisa menyaksikan pertandingan itu secara langsung dan gratis," jelasnya.