Quartararo berhasil ungguli Marquez pada sesi latihan di GP Inggris

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Quartararo berhasil ungguli Marquez

Quartararo berhasil ungguli Marquez pada sesi latihan di GP Inggris

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjalani sesi latihan bebas GP Inggris, Sirkuit Silverstone, Jumat (23/8/2019) (Reuters/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo mengungguli Marc Marquez (Repsol Honda) untuk menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas GP Inggris, Jumat.

Pebalap asal Prancis itu memuncaki kedua sesi latihan, FP1 dan FP2, di Sirkuit Silverstone dan memecahkan rekor putaran sirkuit sore harinya dengan waktu 1 menit 59,225 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Fabio Quartararo ungguli Marquez, Rossi di FP1 GP Jerman

Marquez terpaut 0,251 detik pada peringkat dua setelah sempat terjatuh di Tikungan 8 ketika turun di FP2.

"Aku memaksa. Aku belum pernah jatuh sejak Le Mans yang cukup aneh bagiku...kali ini aku terlalu cepat masuk, melintasi garis putih dan kehilangan grip depan," kata Marquez. "Namun terpenting hal itu tidak mengubah rencana latihan kami."

Pemuncak klasemen pebalap sementara itu dibayangi duo tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, dengan waktu tercepat ketiga dan keempat.

Rossi sempat memuncaki sesi latihan dan memperbaiki catatan waktu pribadinya namun tak lama setelah itu Quartararo mengejutkan dengan memecahkan rekor waktu putaran tercepat di Silverstone.

"Sangat senang karena ketika kita membuat catatan waktu seperti ini, yang sangat kencang, kita sangat ingin berada di P1," kata Quartararo yang berjuluk El Diablo itu.

Aspal baru trek tampaknya bersahabat dengan Yamaha yang mengirimkan tiga pebalap ke peringkat empat besar hari itu.

Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) juga memperbaiki catatan waktunya pada sesi sore untuk menempati peringkat lima dengan waktu di bawah dua menit, mengungguli juara GP Austria Andrea Dovizioso pada peringkat enam dengan 2 menit 0,110 detik.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) mengakhiri sesi latihan pada peringkat tujuh diikuti pebalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliviera di P8, sedangkan kecepatan Jack Miller (Pramac Racing) menempatkan pebalap Australia itu ke peringkat sembilan, unggul dari pebalap pabrikan Ducati Danilo Petrucci yang melengkapi peringkat 10 besar.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) tampil tercepat keempat pada FP1 namun melorot ke peringkat ke-15 pada akhir sesi FP2.

Pebalap uji Suzuki Sylvain Guintoli menggantikan Joan Mir, yang masih pemulihan pascacedera, dan mencatatkan waktu pada peringkat ke-20 secara keseluruhan.

Rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo kembali membalap setelah absen delapan pekan karena cedera namun masih harus bekerja keras untuk menemukan kecepatan setelah hanya mampu mencatatkan waktu pada peringkat terakhir.

Sepuluh besar catatan waktu terbaik kombinasi latihan

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1:59,225

2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,251

3. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,540

4. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,712

5. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,768

6. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,885

7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,958

8. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) + 1,135

9. Jack Miller (Pramac Racing) + 1,167

10. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 1,203

Baca juga: Marquez kunci "pole position" di Austin

Baca juga: Marquez catat waktu tercepat pada sesi latihan bebas FP1 GP Argentina


Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar