Pemkab Rokan Hilir peringati Nuzul Qur'an

id nuzul quran,rohil,ramadhan 2019,berita riau antara,berita riau terbaru

Pemkab Rokan Hilir peringati Nuzul Qur'an

Bupati Rokan Hilir Suyatno, Sekretaris Daerah Surya Arfan, Ketua Dewan Masjid Indonesia Rokan Hilir Wazirwan Yunus, Ketua MUI Rokan Hilir Ucok Indra dan pengurus Masjid foto bersama Ustadz Irfan Yusuf usai acara peringatan Nuzul Qur'an di Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi, Selasa (21/5/2019) malam. (ANTARA News/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menggelar peringatan Nuzul Qur'an 1440 Hijriah/2019 Masehi yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Selasa (21/5) malam.

Peringatan Nuzul Qur'an yang bertemakan "Jadikan Al-Qur'an Pedoman Hidup" itu dihadiri Bupati Rokan Hilir Suyatno, Sekretaris Daerah Surya Arfan, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat setempat. Sementara tausiah disampaikan oleh Ustadz Irfan Yusuf.

Dalam kegiatan itu juga digelar wisuda akbar pesantren kilat 12 hari, sekaligus penyerahan piagam penghargaan, satu buah Al-Qur'an dan uang pembinaan kepada santri. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Masjid dan Musholla oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno.

"Momentum Nuzul Qur'an ini kita berharap dalam situasi dan kondisi negara kita seperti sekarang ini kita semua bisa kembali kepada nilai-nilai ajaran Al-Qur'an yang Allah turunkan adalah sebagai pedoman buat kita, terutama dalam menghadapi berbagai persoalan kita dalam sisi kemanusiaan," kata Ustadz Irfan Yusuf usai peringatan Nuzul Qur'an.

Menurutnya, problematika sekarang ini yang paling menonjol dan dilihat adalah masalah ukhuwah, dimana mungkin efek dari Pilpres, perbedaan pilihan dan lain sebagainya.

"Al-Qur'an ini kan Allah turunkan bukan hanya sebagai pedoman yang membimbing kita untuk menjaga ukhuwah, tapi memang Allah turunkan sebagai pemersatu bagi kita semua umat Islam," ujarnya.

Karenanya ia berharap bisa menjernihkan pikiran dan bisa kembali kepada nilai-nilai ajaran Al-Qur'an tersebut.

"Sesuai dengan ajaran Al-Qur'an bahwa menjaga ukhuwah itu pasti jauh lebih penting, karena itulah ciri-ciri nilai keimanan yang sebenarnya. Apapun ceritanya nilai-nilai ukhuwah harus menjadi prioritas bagi umat Islam," ucap Irfan Yusuf.

Bupati Rokan Hilir Suyatno, melalui Sekretaris Daerah Surya Arfan menyebutkan bahwa antusias jamaah menghadiri peringatan Nuzul Qur'an sangat luar biasa, dimana masyarakat yang hadir melimpah ruah.

"Ini menunjukkan bahwa keimanan masyarakat kita semakin tinggi untuk meningkatkan pedoman kita terhadap Al-Qur'an," kata Sekda.

Sekda mengatakan bahwa sebagaimana yang telah disampaikan Ustadz dalam tausiahnya bahwa kebahagiaan itu bukan pada materi atau harta.

"Dalam hidup ini pedoman kita adalah Al-Qur'an. Untuk membersihkan diri itu ada empat yakni dengan berdzikir, membaca Al-Qur'an, sholat malam dan menghadiri majlis taklim. Oleh karena itu apabila ini bisa kita lakukan insya Allah Rokan Hilir ini akan semakin makmur, sejahtera dan mendapat berkah dari Allah SWT," ucapnya.

Baca juga: Bupati Rohil resmikan Puskesmas Pembantu yang dibuat warga

Baca juga: Bupati Rohil Safari Ramadhan di Pulau Halang Muka, berharap ada perubahan