Menu khusus Ramadhan mulai disiapkan Perhotelan di Yogyakarta

id Hotel Ramadhan,menu ramadhan, hotel yogyakarta, menu puasa

ilustrasi- resepsionis hotel. (Foto Antara)

Yogyakarta (ANTARA) - Sejumlah pebisnis hotel berbintang di Yogyakarta mulai menyiapkan paket menu khusus bernuansa Timur Tengah untuk menarik pengunjung menyambut bulan suci Ramadhan 2019.

"Kalau bulan puasa okupansi (tingkat hunian) agak rendah sehingga akan kami genjot dengan penyediaan paket makanan khusus," kata General Manager Grand Inna Malioboro, Ni Komang Darmiati di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Ni Komang, paket makanan yang dihadirkan saat Ramadhan diberi nama "Nusantara to Eastern". Paket tersebut terdiri atas menu-menu kuliner khas Nusantara hingga Timur Tengah.

"Konsepnya nanti masakan tradisional se-Nusantara tapi kita gabung dengan masakan khas Arab. Kami akan hadirkan mulai hari kedua hingga akhir bulan puasa," kata dia.

Menurut dia, momentum bulan puasa perlu didongkrak dengan berbagai ajang khusus karena okupansi di Grand Inna Malioboro biasanya terjadi penurunan okupansi hingga 50 persen.

"Saat ini okupansi di Grand Inna 85 persen, nanti kalau bulan puasa bisa menjadi 50 persen, baru setelah Lebaran nanti naik lagi," kata dia.

Sementara itu, Public Relation Hotel Tentrem Yogyakarta, Venta Pramusanti mengatakan menyambut bulan puasa manajemen Hotel Tentrem juga telah menyiapkan hidangan khusus khas Nusantara, Asia, dan Mediterania.

"Di bulan puasa nanti kami menyediakan paket buka puasa. Menu seputar hidangan Nusantara, Asia dan Mediterania, dikemas dalam All You Can Eat Buffet," kata dia.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro mengatakan penurunan okupansi wajar terjadi setiap memasuki bulan Ramadhan karena banyak masyarakat yang mengurangi aktivitasnya ke luar kota.

Dengan adanya tren penurunan okupansi, banyak hotel yang akhirnya belomba-lomba menyajikan tarif promo atau paket khusus untuk menarik pengunjung.

Menurut dia, biasanya hingga minggu kedua dan ketiga Ramadhan, masih ada beberapa tamu yang akan mengadakan kegiatan MICE (meetings, incentives, conferences, and exhibitions), namun kuantitasnya tidak sebesar hari-hari normal.

Baca juga: Yuk Intip Wisata Berkuda di Masjid Annur Selama Ramadhan
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar