Inilah 5 tips atasi migrain tanpa obat

id sakit kepala, migrain

Inilah 5 tips atasi migrain tanpa obat

ilustrasi (Pixabay/@lukasberi)

Jakarta (ANTARA) - Efek migrain dan jenis sakit kepala lainnya dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga berpotensi mengganggu aktivitas seseorang sepanjang hari.

Namun, sebelum mengambil obat atau penghilang rasa sakit, ada sejumlah hal dan makanan yang bisa membantu mengatasi migrain, seperti dilansir dari Medical Daily, Kamis (7/3):

1. Minum kopi

Minum kopi ketika Anda mulai merasakan gejala sakit kepala bisa membantu meredakan rasa nyeri. Tetapi, batasi konsumsi Anda karena bila terlalu banyak nantinya malah menyebabkan sakit.

2. Coba kompres dingin atau kompres panas

Menempatkan kompres dingin di dahi Anda atau bantal pemanas di leher atau bagian belakang kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain. Anda juga bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain hangat di bagian yang sakit. Kompres kepala Anda selama 15 menit dan istirahat selama 15 menit lagi.

3. Singkirkan kuncir kuda itu

Tekanan eksternal pada kulit kepala atau kepala, seperti kuncir kuda, topi, ikat kepala atau bahkan kacamata renang, dapat menyebabkan sakit kepala. Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengendurkan ikatan rambut mereka merasa sakit kepala mereka menghilang.

4. Katakan tidak pada permen karet

Mengunyah adalah salah satu penyebab sakit kepala yang tidak diketahui. Mengunyah permen karet, makanan yang renyah dan lengket serta menggigit kuku atau pena dapat memicu sakit kepala.

5. Hindari cahaya terang

Cahaya terang atau berkedip dapat menyebabkan migrain. Cukup tutupi jendela dengan tirai gelap di siang hari, kenakan kacamata hitam di luar ruangan atau gunakan layar anti-silau pada komputer untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Hati-Hati Insomnia Bisa Perparah Sakit Kepala

Baca juga: Perlu Anda Tahu, Makanan Yang Bisa Bantu Atas Migrain