PTPN V Proyeksikan Produksi 1,56 juta Ton Sawit tahun ini

id sawit, PTPNV

PTPN V Proyeksikan Produksi 1,56 juta Ton Sawit tahun ini

Perkebunan sawit (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V menargetkan produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit pada 2019 mencapai 1,56 juta ton, atau 19,57 persen lebih tinggi dibanding target sebelumnya.

Humas PTPN V Riski Atriansyah di Pekanbaru, Kamis, mengatakan pada 2018, perusahaan pelat merah tersebut berhasil memproduksi lebih dari 1,3 juta ton TBS kelapa sawit dari target produksi 1,26 juta ton sawit.

"Target tersebut berhasil dilewati dengan total produksi kita sebesar 1,31 juta ton," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2019 yang telah disetujui para pemegang saham, target kembali ditingkatkan hingga 1,56 juta ton.

Secara umum, Riski menjelaskan bahwa produksi TBS kelapa sawit sepanjang 5 tahun terakhir terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan 11,88 persen.

Peningkatan angka produksi sawit yang berasal dari kebun inti seluas 78.500 hektare lebih tersebut tidak lepas upaya revitalisasi perkebunan sawit melalui program peremajaan yang terjadwal dan peningkatan efisiensi kinerja.

Baca juga: Produktivitas Sawit PTPN V capai 21,94 Ton, rekor tertinggi perusahaan

Pada 2018, luas areal perkebunan sawit yang telah menghasilkan mencapai 59.701 hektare. Sementara terdapat lebih dari 15 ribu hektare yang berpotensi akan menopang produksi sawit ditahun-tahun mendatang.

"Untuk 2019 proyeksi kita 63,4 ribu hektare perkebunan sawit menghasilkan," ujarnya.

Sejatinya, peningkatan produksi TBS sawit dan target pada 2019 juga sejalan dengan melonjaknya TBS sawit, yang pada 2018 mencatat rekor tertinggi mencapai 21,94 ton per hektare, dan menjadi rekor tertinggi sepanjang perusahaan perkebunan pelat merah itu berdiri selama 22 tahun terakhir.

"Angka itu berhasil didapat pada 2018. Dan menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan," lanjut Riski.

PTPN V pun kemudian mematok produktivitas TBS sebanyak 24,08 ton per hektare pada 2019.

Selain meningkatkan produktivitas perkebunan inti perusahaan, PTPN V juga menyatakan terus berupaya menggenjot hasil sawit dari perkebunan plasma atau masyarakat yang menjalin relasi dengan perusahaan negara tersebut.

Perusahaan terus mendorong upaya efisiensi, peremajaan serta perawatan perkebunan sawit masyarakat.

Baca juga: Mengejar Mimpi di PTPN V
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar