Disperindag Siak Sidak Tera Ulang Semua SPBU, Hasilnya?

id disperindag siak, sidak tera, ulang semua, spbu hasilnya

Disperindag Siak Sidak Tera Ulang Semua SPBU, Hasilnya?

Siak, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak, Riau melalui unit pelaksana teknis daerah (UPTD) meteorologi melakukan tera ulang stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di daerah setempat.

"Tim akan mengunjungi semua SPBU yang ada di Kolaka untuk melihat standar takaran BBM perliternya sekaligus mengecek stok BBM hingga Lebaran 2018," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak, Wan Ibrahim, di Siak, Kamis.

Dia katakan, untuk SPBU Kecamatan Siak sudah dilakukan inspeksi mendadak pada Rabu (30/5) mengecek akurasi ukuran bahan bakar minyak (BBM) yang keluar dari mesin pompa.

"Dari pengecekan Tera ulang di beberapa tempat tidak ada masalah, SPBU di Kandis, Minas hingga ke Siak tidak ada masalah," ungkap dia.

Kepala UPTD Meteorologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Siak, Wandi mengatakan pemantauan tersebut dilakukan untuk menghindari kecurangan dalam pengisian BBM oleh petugas SPBU terhadap konsumen.

"Kita memastikan bahwa segel tera ukuran pompa bensin tidak rusak dan sesuai. Jangan sampai ada kecurangan ukuran pada mesin pompa BBM yang dijual ke masyarakat, kata Wandi.

Apabila ditemukan, akan dilakukan penormalan alat ukur dan memberikan peringatan hingga sanksi tegas kepada pemilik SPBU nakal kalau merubah takaran pengisian bahan bakar.

Katanya, sanksinya mulai peringatan, penyegelan mesin pompa, hingga dipidanakan sesuai UU perlindungan konsumen, dan Undang Undang Perdagangan.

"Untuk itu kami himbau agar semua alat ukur pengisian bahan bakar minyak milik SPBU tidak melakukan penyimpangan sehingga tidak merugikan konsumen karena diatur dalam undang-undang," katanya lagi.

***3***