MTQ Tingkat Kota Pekanbaru Cari Qori Qoriah Agar Bisa Juara Umum lagi di Tingkat Provinsi

id mtq, tingkat kota, pekanbaru cari, qori qoriah, agar bisa, juara umum, lagi di, tingkat provinsi

 MTQ Tingkat Kota Pekanbaru Cari Qori Qoriah Agar Bisa Juara Umum lagi di Tingkat Provinsi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan warga Pekanbaru yang berasal dari 12 kecamatan ikut memeriahkan pawai taaruf yang digelar berkenaan dengan perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51 tingkat Kota, Rabu.

"Ini baru permulaan. Nanti malam pembukaannya," ucap Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Noer.

Muhammad Noer mengatakan bahwa keikutsertaan masyarakat dalam pawai dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan tahunan tersebut. Hal ini dikatakannya berkenaan dengan tingginya animo dari masyarakat untuk menampilkan beragam kesenian yang dimiliki. Beberapa diantaranya seperti Reog Ponorogo, Marawis, Seni Kompang serta barisan Marching Band juga ikut tampil dalam pawai tersebut.

Kegiatan itu dimulai dari Jalan Sudirman menuju Jalan Nurul Ikhlas yang diakhiri di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madani Pekanbaru di Jalan Kasah yang mana sekolah tersebut juga merupakan lokasi utama dari perhelatan MTQ ke-51 tingkat Kota Pekanbaru. Lebih jauh Noer menjelaskan bahwa di lokasi tersebut juga akan ada pameran bazar yang diikuti seluruh kecamatan serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Nantinya pada bazar tersebut akan dipamerkan beragam hasil kerajinan dari masing-masing Kecamatan, Baik Usaha Kecil Menengah, ibu-ibu Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Acara ini juga menjadi momen promosi hasil kerajinan masyarakat," imbuhnya.

Kendati sempat menyebabkan kemacetan, namun M Noer menilai bahwa hal tersebut bukanlah menjadi masalah, pasalnya dinas perhubugan serta pihak Kepolisian telah disiagakan untuk mengatur lalu lintas selama pawai tersebut berlangsung. Namun demikian, ia mewakili pihak pemerintah Kota meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang merasa terganggu dalam hal ini kemacetan akibat pelaksanaan pawai tersebut.

Ia berharap agar MTQ tersebut dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik yang nantinya akan dapat mengharumkan nama Kota Pekanbaru Baik ditingkat Provinsi maupun Nasional. Dimana untuk tingkat Provinsi sendiri Kota Pekanbaru telah menjadi "langganan" juara umum perhelatan MTQ tersebut. Selain itu ia juga berharap agar acara ini dapat berjalan lancar dan kepada dewan juri untuk dapat memberikan penilaian dengan sebaik-baiknya sehingga para juara nantinya dapat kembali memboyong juara umum ditingkat Provinsi maupun berjaya dikancah Nasional.

"Semoga perhelatan ini dapat berjalan lancar dan kepada para peserta agar dapat memberikan penampilan terbaik," harapnya.

Rencananya event tersebut akan resmi dilaksanakan pada tanggal 28 Maret malam nanti hingga 2 April mendatang. Terdapat berbagai cabang perlombaan yang nantinya akan diikuti para peserta. Seperti Qira'atul Quran yang bertempat di Astaka utama SMP Madani, Menulis Makalah Quran yang akan dilaksanan di Masjid yang berada di Jalan Taskurun Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, serta beberapa cabang lainnya.*

Oleh Retmon Bensal Putra