Pemko Dumai-Pertamina Capai Kata Sepakat Dalam Pengelolaan Bandara

id pemko dumai-pertamina capai kata sepakat dalam pengelolaan bandara

Pemko Dumai-Pertamina Capai Kata Sepakat Dalam Pengelolaan Bandara

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai dan PT Pertamina Pusat akan membuat sejumlah kesepakatan bersama operasional pengelolaan Bandara Pinang Kampai, untuk peningkatan pelayanan penerbangan umum bagi masyarakat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Dumai Asnar mengatakan, sejumlah kesepakatan dibuat, misalnya kesediaan BUMN minyak dan gas bumi nasional itu merehab gedung dan pengadaan lampu penerangan.

"Kita akan menandatangani kesepakatan operasional bandara pinang kampai, dan pertamina bersedia menata gedung, sedangkan pemerintah dumai sebagai operator," kata Asnar, Selasa.

Disebutkan, dalam kerjasama pengelolaan bersama ini, Pertamina bersedia menggelontorkan dana Rp25 miliar untuk penataan gedung dan menambah panjang landasan pacu menjadi 2.500 meter.

Sejumlah kesepakatan pembangunan itu, lanjutnya, bakal dilakukan bertahap, dimulai 2018 dan diharapkan terealisasi seluruhnya hingga tiga tahun kedepan, sedangkan Pemko Dumai juga menyiapkan kualitas operator dan sumber daya manusia.

"Kerjasama ini untuk meningkatkan pelayanan, dan agar masyarakat ada pilihan untuk jasa penerbangan, karena setiap harinya sekitar 300 penumpang memanfaatkan jasa transportasi udara," sebutnya.

Untuk memenuhi fasilitas keselamatan bandara sesuai standar, Pemerintah Dumai juga akan melengkapi armada pemadam kebakaran, dengan meminjam pakai dari Pertamina dan PT Chevron.

Masih dalam rangka peningkatan pelayanan. kedepan Bandara Pinang Kampai akan membuka rute penerbangan baru ke sejumlah daerah lain di Sumatera, diantaranya, Palembang, Padang, Aceh, Pasir Pangaraian dan Natuna.

"Pembukaan rute baru ini tidak terlepas dari keinginan pengguna jasa agar penerbangan dari dumai dapat menjangkau semua daerah, dan kita berharap membaiknya pelayanan dapat membawa kemajuan baik bagi daerah," terangnya.

Diketahui, belum lama ini Otoritas Bandara Pinang Kampai disurati Dirjen Perhubungan Udara agar melengkapi armada pemadam kebakaran sebagai fasilitas keselamatan, dan segera ditindaklanjuti Pemerintah Dumai.