Mapala se-UIR Kampanye Hemat Air dan Jaga Hutan dari Kebakaran

id mapala se-uir, kampanye hemat, air dan, jaga hutan, dari kebakaran

Mapala se-UIR Kampanye Hemat Air dan Jaga Hutan dari Kebakaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Mahasiswa Pencinta Alam se Universitas Islam Riau mengkampanyekan hemat air pada seluruh mahasiswa dalam rangka memperingati hari air sedunia.

"Kampanye ini bertujuan untuk menghimbau kepada seluruh mahasiswa dan khalayak umum untuk hemat dalam pemakaian air sekaligus menjaga hutan juga," ujar Pusat Koordinator Daerah Mapala se-Riau, Ilmi Hasmi, Pekanbaru, Selasa.

Lebih lanjut ucapnya, kampanye tersebut sekaligus untuk menyindir oknum-oknum yang melakukan perusakan hutan dengan cara membakar dan penebangan liar.

"Selain dalam rangka memperingati hari air sedunia kami juga menyuarakan untuk menjaga dan melindungi hutan dengan tidak membakar dan menebang pohon, sekaligus menyindir oknum-oknum yang menjadi tersangka dalam hal itu," katanya.

Kemudian jelasnya, kampanye dimulai sejak pukul 15.00-18.00 WIB, dengan berkeliling sepanjang kampus Universitas Islam Riau. Ada bebarapa yang tampak memakai kostum harimau dan lumba-lumba.

Ia berharap, kedepannya kita bisa untuk lebih baik lagi, bisa berhemat dalam pemakaian air, tidak ada lagi kebakaran hutan, penebangan liar, dan kabut asap.

Hari air sedunia atau world water day bertujuan untuk mengajak masyarakat dunia melindungi pengelolaan sumber daya air serta memberikan kesadaran bahwa air memiliki peran penting dalam kehidupan.

Pada tahun ini World Water Day bertemakan Water and Jobs karena hampir 50 persen pekerja di dunia menghabiskan waktunya dengan bekerja di sektor yabg berkaitan dengan air.

Untuk itu diperlukan kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kuantitas dan kualitas air dalam menunjang kehidupan di muka bumi. Selamat hari air sedunia dan selamat bertindak nyata untuk air.

Oleh Nella Marni