RAPP Mulai Pengaspalan Jalan Benai-Cerenti

id rapp mulai, pengaspalan jalan benai-cerenti

RAPP Mulai Pengaspalan Jalan Benai-Cerenti

Singingi - Pengaspalan Jalan Benai-Cerenti sepanjang lima kilometer di wilayah Kuantan Singingi (Kuansing) mulai dilakukan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP). Salah satu perusahaan kertas di Asia ini mulai merealisasikan program pengaspalan jalan yang direncanakan akan selesai dalam waktu 120 hari kerja.

Guna menandai dimulainya pengaspalan Jalan Benai-Cerenti tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing pun menyelenggarakan acara syukuran dan gotong royong bersama warga Kecamatan Benai sebagai wujud syukur atas dimulainya pengaspalan jalan.

"Hari ini kita adakan gotong royong bersama atas syukuran bahwa pengaspalan jalan oleh PT RAPP sudah mulai bekerja mulai hari ini," kata Bupati Kuansing, Sukarmis, di lokasi syukuran, depan SDN 025 Talontang, Kecamatan Benai, Kuansing, Riau, Jumat (16/1).

Sukarmis menceritakan, PT RAPP menjadi perusahaan yang melakukan MoU pertama kali dengan Pemkab Kuansing untuk pengaspalan jalan. Sebab, pengaspalan jalan ini dilakukan oleh tiga perusahaan diantaranya PT RAPP, PT Duta Palma Nusantara dan PT TBS.

Mantan Ketua DPRD Kuansing itu menyebutkan, konstruksi pengaspalan jalan akan dilakukan setebal tiga puluh sentimeter dari dasar jalan.

"Pengaspalan jalan ini akan dilaksanakan sepanjang sembilan kilometer. MoU pertama kali dari PT RAPP yang sepanjang lima kilometer, Duta Palma tiga setengah kilometer dan setengah meter oleh PT TBS. Total anggaran ini sekitar Rp 30 miliar," bebernya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing, Drs Muharman M.Pd, Camat Benai Masnur Judin, Estate Manager Cerenti, Rudiyanto, beserta tim Stakeholder Relations (SHR), Community Development (CD), Corporate Communications dan Estate Riaufiber, orang nomor satu di Kuansing itu mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP atas kontribusi yang diberikan kepada masyarakat Kuansing. Pasalnya, PT RAPP telah memberikan banyak sumbangan bagi mereka terutama dalam pembangunan infrastruktur daerah Kuansing.

"Terima kasih kepada PT RAPP yang tak bosan memberi sumbangan kepada masyarakat kita. Mulai nilai yang kecil sampai besar. Infrastruktur yang diperlukan seperti membangun jalan dan sosial tidak dapat kita hindari. Masyarakat Kuansing diberikan hibah oleh PT RAPP untuk kita semua. Pengaspalan jalan sepanjang lima kilometer bukan dengan dana sedikit tapi disubsidi dari PT RAPP ke Kuansing sebesar Rp14 miliar," ungkapnya.

Ke depan, dia berharap PT RAPP bisa juga membuka pabriknya di wilayah Kuansing untuk menyerap tenaga kerja yang diakuinya berjumlah sangat banyak.

"Apa salahnya PT RAPP buat pabrik disini (Kuansing) sama di Pelalawan. Mudah-mudahan ada peningkatan bagi PT RAPP supaya masyarakat disini dapat bekerja. Banyak pengangguran disini, ndak terhitung jari," harapnya.

Disampaikan Sukarmis, dirinya menyatakan optimis PT RAPP bisa terus meningkatkan pembangunan wilayah Kuansing ke depannya.

"Terima kasih banyak dan mari berdoa bersama agar PT RAPP mudah-mudahan selalu aman dan dapat rido dari Tuhan serta bisa meningkatkan pekerjaannya sampai hayat nanti tambah rejeki dan prusahaan RAPP bisa terus meningkat. PT RAPP peduli sangat dengan Kabupaten Kuansing," ungkapnya.

Untuk diketahui, Jalan Benai-Cerenti sepanjang lima kilometer ini merupakan akses jalan yang menghubungkan empat desa di wilayah Kuantan Singingi diantaranya Desa Talontam, Tebing Tinggi, Banjar Benai dan Kelurahan Benai.

Pengerjaan pengaspalan Jalan Benai- Cerenti sepanjang lima kilometer oleh kontraktor PT Manca Teknindo dengan konsultan pengawas dari PT Visi Tekniktama Unggul ini memakan anggaran sebesar lebih dari Rp14 miliar.

Sementara itu, Stakeholder Manager (SHR) Manager Distrik Kampar dan Kuansing PT RAPP, Edi Yusuf, mengatakan pengaspalan jalan Benai-Cerenti menjadi salah satu wujud realisasi misi kepedulian perusahaan terhadap masyarakat.

"Acara ini merupakan salah satu misi yang kalau berbicara petualangan cinta itu, berbicara bagaimana agar dapat menyelesaikan jalan keluar jika ada permasalahan dan ini semuanya berkat dorongan seluruh jajaran Pemda pimpinan bupati yang telah melakukan koordinasi yang cepat sekali dengan semua yang berkepentingan dengan jalan ini," ujarnya.

Edi menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Kuansing terkait jadwal operasional kendaraan milik PT RAPP yang melintas di wilayah Kuansing khususnya Jalan Benai-Cerenti.

"Kami berharap selama proses pembangunan jalan, arus lalu lintas kendaraan baik truk-truk kami tetap dapat beroperasi sesuai jadwal dan kami sudah berkoordinasi dengan tim project di lapangan agar pengaspalan ini tidak mengganggu arus lalu lintas masyarakat dan perusahaan," katanya.

Sebagai perwakilan manajemen PT RAPP, Edi juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada yang masih kurang selama beroperasi di wilayah Kuansing.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam perjalanan operasional banyak kesalahan baik sengaja dan tida sengaja. Ke depan kita akan mencoba lebih baik lagi tetapi kami butuh dukungan pemerintah dan masyarakat," tutupnya.

Pewarta :
Editor: Fazar Muhardi
COPYRIGHT © ANTARA 2015