Kapolres Siak bersama Forkopimda cek kesiapan pilkada di Kampung Terluar Teluk Lanus

id Kampung terluar Siak, kapolres Siak, kampung Teluk lanus

Kapolres Siak bersama Forkopimda cek kesiapan pilkada di Kampung Terluar Teluk Lanus

Kapolres Siak saat memeberikan sambutan di Teluk Lanus. (ANTARA/HO-Polres Siak)

Siak (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Siak AKBP Asep Sujarwadi bersama forum komunikasi pimpinan daerah meninjau langsung Tempat Pemungutan Suara (TPS) daerah terjauh yakni Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apituntuk memastikan pemilihan kepala daerah serentak 2024 berjalan aman, lancar dan distribusi logistik sampai ke tujuan tanpa kendala, Kamis.

Kapolres datang bersamaPejabat Sementara Bupati Siak Indra Purnama, Sekretaris Daerah ArfanUsman, Komandan Distrik Militer 0322/Siak Riyanto Budi Nugroho, Kepala Kejaksaan Negeri Siak, Moch Eko Joko Purnomo, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak Said Dharma Setiawan, Ketua Badan Pengawas Pemilu Siak Zulfadli Nugraha dan Camat Sungai Apit Tengku Muhtasar.

Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit merupakan wilayah terluar dari Kabupaten Siak. Daerah itu hanya bisa ditempuh melalui jalur air menggunakan kapal dengan jarak tempuh satu jam, memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 810, dan memiliki 3 TPS.

Dalam sambutannya Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi menjelaskan peninjauan TPS ini, merupakan bagian dari kegiatan coolingsystem demi terciptanya Pilkada aman sejuk dan Damai. Selain untuk memastikan persiapan dalam melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Siak, Polres Siak juga memastikan keamanan pada saat waktu pemungutan suara/pencoblosan nantinya dengan meninjau langsung lokasi yang dianggap rawan terkendala.

"Selain memastikan persiapannya, Polres Siak juga memastikan situasi Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat tetap dalam keadaan kondusif salah satunya di Kampung Teluk Lanus, yang merupakan Kampung paling ujung di wilayah Kabupaten Siak," ucap AKBP Asep

Menurut AKBP Asep karena berpotensi gangguan karena jarak tempuh dan cuaca yang berubah ubah, tentunya semua pihak terkait harus menyiapkan strategi bagaimana semua bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kampung teluk lanus agar bersama sama menjaga kondusifitas keamanan mari kita ciptakan Pilkada yang aman sejuk, damai dan beradab," imbuh Kapolres

Pj Bupati Siak Indra Purnama mengucapkan syukur karena pada hari ini bisa bersilaturahmi bersama dengan masyarakat Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit.

"Alhamdulillah, setelah melakukan perjalanan panjang menggunakan speedboat, akhirnya kami sampai di kampung Teluk Lanus ini. Semoga ini akan menjadi berkah bagi Kampung Teluk Lanus, karena jarang sekali kami (Pemda Siak dan Unsur Forkopimda) bisa hadir bersama seperti ini, karena padatnya jadwal masing-masing," sebut indra.

Indra menambahkan, kehadirannya beserta Forkompinda di Kampung Teluk Lanus ini, untuk memastikan persiapan dan kesiapan terkait dengan Pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024, di Kampung Teluk Lanus.