Begini taktik Polres Dumai amankan penetapan nomor urut pilkada

id Polres Dumai,AKBP Dhovan Oktavianton

Begini taktik Polres Dumai amankan penetapan nomor urut pilkada

Polres Dumai melaksanakan TFG guna memastikan kesiapan menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses Pilkada. (ANTARA/HO-Polres Dumai)

Dumai (ANTARA) - Polres Dumai melaksanakan rapat internal dan Tactical Floor Game (TFG) untuk pengamanan penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Pilkada 2024 di Aula Wicaksana Laghaw, Kota Dumai, Sabtu (21/9).

TFG sendiri merupakan taktik operasional yang dilakukan Polri dengan tujuan memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dalam sambutannya menyebutkan pentingnya TFG dalam mendukung Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning 2024.

"TFG ini adalah simulasi strategis untuk memastikan kesiapan kita menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses Pilkada. Kegiatan ini dirancang agar personel bisa bekerja dengan efisien dalam situasi pengamanan yang dinamis, mulai dari potensi kerusuhan hingga pengamanan acara besar," ujar AKBP Dhovan.

Lebih lanjut, AKBP Dhovan menekankan pentingnya penyusunan personel yang tepat dan relevan dengan situasi di lapangan.

"Kita harus memastikan bahwa setiap personel memiliki peran yang jelas, baik dalam pengamanan langsung di lokasi maupun pengawalan Paslon walikota dan wakilnya. Pengawalan ini dimulai dari Pos Pemenangan hingga ke Kantor KPU, dengan koordinasi ketat di setiap titik," tambahnya.

Sementara itu, Wakapolres Dumai Kompol Henryanto Panusunan Hutasoit, mengingatkan pentingnya koordinasi antar satuan.

"Kita harus memastikan tidak ada celah dalam pengamanan. Setiap unit dan perwira pengendali dari masing-masing Paslon harus terus berkomunikasi dan berkoordinasi, terutama dalam menjaga jarak antar Paslon selama perjalanan menuju Kantor KPU.

Jangan sampai terjadi gangguan, baik dari segi lalu lintas maupun keamanan. Kami juga meminta untuk memeriksa seluruh kendaraan yang digunakan selama rangkaian Pilkada agar layak dan siap pakai," tambah Henryanto.

Acara ini diakhiri dengan simulasi pengamanan, yang dipimpin langsung oleh Kapolres dan Wakapolres Dumai, guna memastikan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi tantangan selama proses pilkada berlangsung.