Desa-desa di sekitar SM BRBB segera membentuk PPID

id Brbb, green radio

Desa-desa di sekitar SM BRBB segera membentuk PPID

Sekretaris Camat Kampar Kiri Hulu, Mazri SE (dua kiri) bersama anggota KPID Riau Asril Darma (kanan), Ketua KI Provinsi Riau Tatang Yudiansyah (kiri) dan perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Kampar (kanan) dalam Workshop Keterbukaan Informasi Desa di Desa Gema, Selasa (6/8). (ANTARA/dok)

Kampar Kiri (ANTARA) - Terbentuknya PPID (Pejabat Pengelola Informasi Desa) menjadi hal yang perlu diwujudkan bagi desa-desa yang ada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling (SM BRBB) di Kabupaten Kampar guna mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Tatang Yudiansyah dalam Workshop Keterbukaan Informasi Desa yang diikuti delapan desa di sekitar kawasan SM Bukit Rimbang Baling, Selasa (6/8).

Tatang mengemukakan, untuk kawasan sekitar Bukit Rimbang dan Bukit Baling, adanya keterbukaan informasi desa bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. Karena itu, utusan desa yang hadir dalam kegiatan ini dapat menjelaskan kepada warganya.

Nantinya, PPID perlu memperkaya informasi untuk masyarakat sehingga tercipta masyarakat informatif sehingga bisa berpartisipasi sesuai arah pembangunan yang diinginkan.

Menurutnya, banyak persoalan terkait regulasi yang berbenturan dengan status kawasan SM BRBB, dan informasi seperti ini harus sampai ke masyarakat.

Komisi Informasi Provinsi Riau juga mengapresiasi kegiatan ini karena pertama kali hadir sebagai pemateri workshop dan mengetahui banyak dinamika keberadaan badan publik khususnya yang berada di kawasan SM BRBB.

Selain itu, anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Riau Asril Darma menyampaikan, dengan terbentuknya PPID maka akan ada standar operasional prosedur untuk memberi layanan kepada siapapun yang akan membutuhkan informasi di desa.

"Kepala Desa nantinya menjadi atasan PPID yang akan mengeluarkan Surat Keputusan untuk petugas," kata Asril Dharma memberikan penjelasan.

Di tempat sama, Sekretaris Camat Kampar Kiri Hulu, Mazri SE menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Kecamatan Kampar Kiri Hulu dan dibuka perwakilan Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Kampar.

Acara ini sendiri ditaja Greenradio line sebagai mitra lokal Yapeka dalam konsorsium kerabat masih dalam kegiatan ITHCP, untuk penguatan keberadaan Radio Komunitas Lintas Subayang yang berada di gerbang kawasan SM BRBB.

Radio ini dipersiapkan untuk menjadi saluran bersama masyarakat di sekitar BRBB, yang saat ini sudah berkembang memiliki studio podcast Swarimba merupakan singkatan (Suara Rimbang Baling) di Desa Gema.

Baca juga: 'Green Radio' Dukung Konsep 'Kota Hijau' Pekanbaru