Kantah Inhu tanam pohon di RTH di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

id Rengat,Indragiri Hulu

Kantah Inhu tanam pohon di RTH di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Acara penanaman pohon di RTH Pematang Reba, Inhu, Rabu (5/6). (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Pegawai Kantor Pertanahan(Kantah) Indragiri Hulu turun bersama Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menanam ratusan pohon di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pematang Reba dalam rangka Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia, Rabu.

Kepala Bagian Tata Usaha, Marini Zardianti mewakili Plt Kepala Kantah Inhu Ghilman mengatakan, program penanaman pohon 2024 sudah dicanangkan oleh Menteri ATR/BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kegiatan dilakukan serentak di seluruh Kantahwilayah 33 provinsi dan 449 Kantah kabupaten/kota seluruh Indonesia," kata Marini Zardianti di Rengat.

Penanaman pohon ini dilaksanakan dengan tujuan penghijauan dan untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan.

Akibat ulah manusia lingkungan banyak yang terabaikan sehingga berdampak kepada berbagai masalah salah satunya kerusakan.

Oleh sebab itu, penanaman serentak di Indonesia sesuai amanat Menteri AHY diharapkan mampu membangkitkan semangat peduli lingkungan.

"Secara nasional, ada 100 ribu pohon yang menjadi target penanaman," ujarnya.

Menteri AHY, kata Marini, juga berharap penanaman pohon menjadi budaya Kementrian ATR/BPN setiap tahunnya.

Ini untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat, dengan melalui kegiatan ini, Bangsa Indonesia bukan hanya sebagai warga negara yang bertanggungjawab tetapi juga Champion.Bahkan menjadi salah satu juara dalam urusan pelestarian lingkungan hidup se dunia.

Prosesi acara penanaman pohon tersebut juga dihadiri sejumlah pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.