Pertamina Patra Niaga cukupi BBM alat berat di wilayah bencana Sumbar

id Pertamina, pertamina patra niaga, bencana sumbar

Pertamina Patra Niaga cukupi BBM  alat  berat di wilayah bencana Sumbar

Pertamina Patra Niaga Sumbagut bantu BBM untuk alat berat pada penanganan pasca bencana di Sumbar. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumbagutmencukupi pasokan bahan bakar minyak (BBM) alat berat yang digunakan pada tanggap bencana di Sumatera Barat (Sumbar) hingga hari ke-10 terjadinya banjir bandang dan lahar dingin yang melanda wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Pertamina Patra Niaga terlibat dalam proses evakuasi dan penanganan di wilayah terdampak yang masih terus dilakukan oleh pemerintah daerah dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sampai dengan selesai bencana darurat, melalui Program Pertamina Peduli, kami telah menyediakan BBM yang digunakan untuk membantu pengoperasian alat-alat berat,” jelas Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Freddy Anwardi posko pengungsian Limakaum, Kabupaten Tanah Datar seperti yang dikutip ANTARA di Pekanbaru, Kamis.

Mulai Selasa malam (12/5) hingga saat ini, Pertamina Patra Niaga Sumbagut bersama Program Pertamina Peduli telah menyalurkan bantuan setiap harinya rata-rata kurang lebih 2.500 liter BBM jenis Dexlite untuk tiga wilayah terdampak, seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Padang Panjang guna pengoperasian alat berat di masa tanggap darurat. Jumlah yang disalurkan ini juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk aktifitas di lokasi.

Freddy menambahkan, untuk kebutuhan penyaluran BBM di lokasi bencana, Pertamina Patra Niaga Sumbagut telah menerapkan skema RAE (Reguler Alternative Emergency). Dengan alur distribusi pasokan melalui Terminal BBM Sibolga, Fuel Terminal (FT) Sei Siak, IT Dumai dan FT Tembilahan yang berada di Provinsi Riau, serta perbantuan dari TBBM wilayah Jambi yang telah dimulai sejak Minggu (12/5).

"Kami juga terus memantau perkembangan situasi di wilayah rute terdampak pascabencana, mulai dari pasokan BBM hingga ketersediaan yang menyokong kebutuhan pengoperasian alat berat," kata Freddy.

Selain dukungan operasional BBM, Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga sudah menyalurkan bantuan elpiji 12 kg untuk kebutuhan empat dapur umum.Bantuan kebutuhan logistik dan kebutuhan dasar sebagai upaya pasca penanganan bencana juga telah disalurkan di posko-posko tersebut.

“Dari sisi penanggulangan pasca bencana, kami siap berkontribusi membantu pemulihan di wilayah terdampak. Menjamin ketersediaan BBM serta elpiji di sekitar kawasan bencana," pungkas Freddy.