Kemenhub: 9.475 orang pakai kereta api pada momen Lebaran 2024 di Sulsel

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,kereta api

Kemenhub: 9.475 orang pakai kereta api pada momen Lebaran 2024 di Sulsel

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Jujun E. Wahjuningrum (ketiga kiri) saat meninjau Posko Angkutan Lebaran di Stasiun Mandai, Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (17/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenhub/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sebanyak 9.475 orang menggunakan kereta api pada momen angkutan libur Lebaran 2024 pada rute Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Sebanyak 9.475 penumpang tercatat telah memanfaatkan layanan kereta api (KA) Makassar-Parepare selama masa liburan Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Jujun E. Wahjuningrum saat meninjau Posko Angkutan Lebaran di Stasiun Mandai, Maros Rabu.

Jujun menjelaskan, data penumpang tersebut merupakan akumulasi dari data pelayanan pada masa angkutan Lebaran yang dilaksanakan dari tanggal 3-17 April 2024, dan akan ditutup pada 18 April 2024.

"Sejauh ini jumlah penumpang per hari tertinggi yang kami layani mencapai 1.050 penumpang pada puncak angkutan mudik tanggal 12 April 2024,” ujar Jujun dalam keterangan diterima di Jakarta.

Sementara untuk arus balik, Jujun menjelaskan bahwa DJKA telah menyiapkan diri untuk menghadapi lonjakan penumpang hari ini (17/04). Berdasarkan data tahun sebelumnya, serta capaian penumpang pada arus mudik tahun ini, diprediksikan pada puncak arus balik penumpang bisa mencapai 1.047 orang.

"Untuk antisipasi hal tersebut kami sudah berpesan kepada petugas-petugas stasiun agar dapat mengurai kepadatan dan memberi pelayanan yang terbaik dan humanis,” tutur Jujun.

Ia menuturkan pada angkutan Lebaran 2024, rata-rata tingkat okupansi penumpang harian KA Makassar-Parepare mencapai 65.08 persen. Adapun stasiun yang menjadi favorit penumpang untuk arus mudik angkutan lebaran adalah Stasiun Mandai, sementara stasiun yang menjadi favorit penumpang untuk arus balik angkutan lebaran adalah Stasiun Garongkong.

Pada tinjauan angkutan lebaran di Sulawesi Selatan, Jujun juga menyambangi Bandara Internasional Sultan Hassanudin, Pelabuhan Parepare, Pelabuhan Garongkong, serta Pelabuhan Soekarno-Hatta di Makassar.

Hal ini dilakukan, lanjut Jujun mengatakan, sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Perhubungan untuk memastikan layanan-layanan transportasi berjalan lancar dalam mendukung angkutan lebaran tahun ini.

"Kami sempat berbincang dengan penumpang dan alhamdulillah feedback yang kami terima relatif positif meski terdapat catatan yang perlu segera kami tindak lanjuti,” kata Jujun.

Baca juga: PT Kereta Api Indonesia sebut 1.579 tiket mudik Lebaran 2024 sudah terjual

Baca juga: PT Kereta Api Indonesia hadirkan kereta Eksekutif & Luxury New Generation pada KA Taksaka