Jepang kecam aksi penyerangan terhadap warga sipil di Moskow

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, moskow

Jepang kecam aksi penyerangan terhadap warga sipil di Moskow

Ambulans, personel medis dan keamanan tiba di tempat konser di Balai Kota Crocus dekat Moskow, Rusia setelah adanya laporan insiden penembakan pada 22 Maret 2024. (ANTARA/Anadolu)

Tokyo (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Jepang mengecam serangan terhadap warga sipil di Wilayah Moskow, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

"Sehubungan dengan insiden penembakan yang terjadi di sebuah fasilitas komersial di Krasnogorsk di Wilayah Moskow Federasi Rusia pada 22 Maret waktu setempat yang mengakibatkan banyak korban jiwa, Jepang dengan tegas mengutuk serangan terhadap warga sipil tersebut," kata juru bicara Kemenlu Jepang dalam sebuah pernyataan, Sabtu.

"Jepang menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga korban tewas dan simpati yang tulus kepada mereka yang terkena dampak,” ujar jubir Kemenlu Jepang menambahkan.

Pada Jumat (22/3), beberapa pria bersenjata mulai menembak di tempat konser Balai Kota Crocus di luar Moskow. Peristiwa tersebut disusul dengan kebakaran besar.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) awalnya mengatakan 40 orang tewas, namun Komite Investigasi kemudian mengatakan jumlah korban tewas mencapai 60 orang.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan 115 orang dirawat di rumah sakit, dan menambahkan bahwa lebih dari 30 orang menjalani rawat jalan.

Sementara itu, layanan darurat dan keamanan terus bersiaga dan melakukan penanggulangan di tempat kejadian.

Baca juga: Serangan teroris di gedung konser dekat Moskow, Rusia tewaskan 60 orang

Baca juga: Vladimir Putin sebut serangan drone di Moskow merupakan aktivitas teroris


Sumber: Sputnik