Bupati Kepulauan Seribu nyatakan pemilu kondusif berkat dukungan warga

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pemilu

Bupati Kepulauan Seribu nyatakan pemilu kondusif berkat dukungan warga

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi bersama Ketua KPU Iman Cahyadi dan Ketua Bawaslu Rahadi Purnomo saat silaturahmi hasil pemilu 2024 yang digelar, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-Pemkab Kepulauan Seribu/am.)

Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menyatakan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu (14/2) berjalan kondusif berkat dukungan seluruh pemangku kepentingan dan warga setempat.

“Kami juga mengapresiasi peran penting KPU dan Bawaslu Kepulauan Seribu yang telah sukses menyelenggarakan pemilu kemarin,” kata Junaedi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan penyelenggara pemilu telah sukses menjalankan tugasnya mulai dari tahapan pemilihan hingga rekapitulasi penghitungan suara, sehingga pelaksanaan di Kepulauan Seribu berjalan dengan lancar dan aman.

Menurut dia suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 juga tidak lepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari Polri, TNI, Satpol PP, maupun organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Seluruh pihak berperan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan kepada warga,” kata dia

Sementara Ketua KPU Kepulauan Seribu, Iman Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Kepulauan Seribu yang sudah mendukung dan memfasilitasi KPU selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Proses rekapitulasi penghitungan suara di Kepulauan Seribu sudah selesai hingga tingkat kabupaten pada 25 Februari dan menjadi yang pertama dari seluruh wilayah DKI Jakarta," kata dia

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Seribu, Rahadi Pramono mengatakan pelaksanaan pemilu di Kepulauan Seribu berjalan dengan aman dan lancar meskipun dari sisi geografis merupakan wilayah kepulauan yang mengharuskan petugas menyeberang lautan untuk mengirimkan logistik.

"Semua berjalan dengan baik di mana masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya pada pemilu tanggal 14 Februari 2024," kata dia.

Untuk hasil rekapitulasi Pemilu Presiden 2024 di Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki total suara sebesar 18.669 suara yang terdiri dari 18.313 suara sah dan 356 suara tidak sah.

Untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih suara 7.053 suara, kemudian pasangan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka meraih 8.972 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 2.288 suara.

Baca juga: Mendagri apresiasi atas keberhasilan Polri amankan Pemilu 2024

Baca juga: Hasil pleno KPU, Prabowo-Gibran menang di Meranti