Pj Bupati Kampar pimpin upacara puncak HUT ke-74 Kampar

id hut kampar,pemkab kampar

Pj Bupati Kampar pimpin upacara puncak HUT ke-74 Kampar

Pj Bupati Kampar Hambali saat memimpin upacara peringatan HUT ke-74 Kabupaten Kampar, Selasa (6/2). (ANTARA/dok)

Bangkinang (ANTARA) - Mengawali kegiatan hari jadi Kabupaten Kampar yang ke - 74, Pj.Bupati Kampar Hambali SEMBAMH memimpin upacara memperingati HUT Kabupaten Kampar bersama seluruh forkopimda, instansi vertikal di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kampar pada Selasa (6/2).

Upacara ini juga diikuti oleh TNI/Polri, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kampar, ASN, tenaga honorer, pelajar, serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Saat memberikan sambutan, Pj.Bupati Kampar menyampaikan secara singkat sejarah perjalanan Kabupaten Kampar.

“Tepatnya 74 tahun lalu, Kabupaten Kampar ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Tengah tentang penetapan Kabupaten Kampar.”ucap Hambali.

"Hari ini dengan tema “Kampar makin melaju, menuju Indonesia emas tahun 2045” semangat otonomi tersebut kembali kita maknai salah satunya melalui upacara peringatan hari jadi Kabupaten Kampar, yang juga dilaksanakan pada 21 wilayah kecamatan di Kabupaten Kampar secara serentak pada hari ini,” lanjut Pj.Bupati Kampar lagi.

Hambali juga mengatakan tantangan dan hambatan bangsa dan daerah semakin tinggi, pemerintah tentunya harus mempunyai prioritas dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Dan sejalan dengan prioritas nasional, selain percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, Pemkab Kampar saat ini berfokus untuk pengendalian inflasi, pemberantasanstunting, penghapusan kemiskinan ekstrem dan penguatan ketahanan pangan.

"Komitmen dan langkah konkrit dalam program dan kegiatan serta partisipasi seluruh komponen diperlukan untuk mengatasi persoalan tersebut. dan tentunya pengukuran indikator serta evaluasi yang berkelanjutan menjadi pedoman untuk penetapan solusi serta pelaksanaan program dan kerja pemerintah daerah," urainya.

Dalam hal pengendalian inflasi, Pemkab Kampar telah melaksanakan secara terukur pada setiap perangkat daerah sampai ke pemerintah desa, tentunya dengan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan pada APBD serta APBDes tahun 2024, angka inflasi dapat kita kendalikan. Selain itu, Pemkab telah melaksanakan kerjasama dengan para pihak baik pemerintah daerah tetangga dan swasta dalam upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan komoditi yang menjadi faktor utama penyumbang tingginya inflasi.

Pj Bupati Kampar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya membantu pemerintah penyelesaian berbagai program pembangunan khususnya stunting.

Di akhir kata sambutannya, Pj Bupati Kampar menyampaikan pada momentum yang bersejarah ini, dengan semangat ”tema hari jadi Kabupaten Kampar ke-74” untuk Kampar yang lebih baik di masa mendatang.

"Dengan falsafah yang selalu kita junjung tali bapilin tigo, tigo tungku sajoghangan, mari tingkatkan kembali sinergi antara pemerintah, pemangku adat dan ulama agar terciptanya harmonisasi dalam setiap kebijakan yang dijalankan untuk kemajuan negeri," kata Pj.Bupati Kampar saat mengakhiri.

Pada acara ini Pj Bupati Kampar juga menyerahkan berbagai penghargaan seperti pemenang logo HUT Kampar, penyerahan bapak bunda asuh anak stunting, penyerahan penghargaan kepada UMKM yang Berprestasi di Kabupaten Kampar, penyerahan penghargaan Kepada pendamping haji Kabupaten Kampar, Penyerahan Penghargaan Bagi Kantor Kejaksaan Negeri Kampar dan Jaksa Negara Dalam Penyelamatan Barang milik PemkabKampar serta penyerahan Aset Pemda dari kepala BPN kepada Pemda Kampar. (Adv)