Marching Band Lapas Perempuan Pekanbaru meriahkan penandatangan MoU dengan mitra

id Kemenkumham, marching band

Marching Band Lapas Perempuan Pekanbaru meriahkan penandatangan MoU dengan mitra

Marching Band Lapas Perempuan Pekanbaru sedang beraksi. (ANTARA/HO-Kemenkumham)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka memaksimalkan tugas dan fungsi Pemasyarakatan yang semakin PASTI Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai mitra kerja, Senin (29/1).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kerjasama ini dengan hadir langsung dalam acara penandatanganan MoU yang digelar di lapangan Lapas Perempuan Pekanbaru.

“Saat ini semakin nyata perempuan Indonesia sebagai kaum mandiri berdaya yang mampu berkontribusi aktif dalam membangun masyarakat dan negara diawali dengan membangun diri sendiri.

Dalam memberikan kontribusi aktif, Lapas Perempuan Pekanbaru memberikan karya yang ditampilkan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang saat ini dihuni oleh 445 orang,” ungkap Desi Andriani selaku Kepala Lapas Pekanbaru saat menyampaikan laporan.

Selanjutnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau memberikan kata sambutan dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya penandatangan perjanjian kerja sama yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.

"Lapas Pekanbaru melalui penandatanganan kerja sama ini turut mendorong untuk menciptakan sinergitas aparatur pemerintah. Segenap ucapan terima kasih saya ucapkan atas pelaksanaan kerja sama, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis mulai dari pembinaan, kesehatan, ketertiban, rehabilitasi dan sebagainya. Semoga sinergitas yang terjalin dapat semakin kompak dan menghasilkan suatu hubungan yang harmonis,” ungkap Budi Argap.

Region Chief Executive Officer (RCEO) Bank BRI Pekanbaru Kicky Andrie Davetra turut menyampaikan ungkapan kagum dan bangga melihat hasil karya berupa tarian, nyanyian, penampilan marching band dan atraksi lainnya yang disuguhkan oleh WBP Lapas Pekanbaru.

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kita dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi narapidana perempuan, membantu mereka untuk bangkit dari masa lalu yang kelam, dan menjadi bagian yang produktif dalam masyarakat," ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU serta penyerahan dana bantuan renovasi mushola Miftahus Salam oleh RCEO regional Office Pekanbaru kepada Kakanwil.

Pada kesempatan ini dilaksanakan pula penandatanganan prasasti dan peresmian klinik kesehatan oleh Kakanwil Kemenkumham Riau didampingi oleh Kepala Lapas Perempuan Pekanbaru Desi Andriani dan dokter Klinik Pratama dr. Monalisa Argap, yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan 28 Mitra Kerja lainnya.

Acara dimeriahkan dengan penampilan paduan suara, tarian Wonderland, pembacaan puisi, drum band serta contestcolorrrand oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Pekanbaru yang memukau seluruh hadirin.