Pengurus APSAI Siak periode 2022-2027 resmi dilantik

id Berita hari ini, berita riau antara, Siak

Pengurus APSAI Siak periode 2022-2027 resmi dilantik

Pengurus APSAI Siak periode 2022-2027 resmi dilantik (ANTARA/HO)

Perusahaan di Siak siap berkomitmen penuhi hak anak
Pekanbaru (ANTARA) - Pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Siak periode 2022-2027 resmi dilantik Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H Arfan Usman MPd di Aula Bunut PT. Indah Kiat Pulp and Paper Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Kamis 7 Desember 2023.

Pelantikan itu tampak dihadiri langsung oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan Perusahaan yang tergabung di dalam APSAI Kabupaten Siak dan pejabat Kecamatan Tualang serta ratusan anak-anak TK se Kecamatan Tualang.

Selain pelantikan, APSAI Kabupaten Siak juga menggelar peringatan Hari Anak Nasional 2023 dengan tema 'Anak terlindungi, Siak Hebat, Indonesia Maju' dan juga peringatan Hari AIDS Sedunia dengan tema 'Bergerak Bersama Komunitas Akhiri AIDS'.

Dalam kesempatan itu, Sekda Siak H Arfan Usman MPd mengatakan, anak merupakan potensi besar untuk meneruskan cita-cita bangsa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan.

Anak juga memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosialnya secara utuh.

"Maka dari itu, untuk mewujudkannya perlu peran penting dari segala elemen yang ada, termasuk peran penting perusahaan-perusahaan di daerah untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan anak di daerah," ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Kominfo Siak itu juga berharap, dengan dikukuhkannya pengurus APSAI Kabupaten Siak periode 2022-2027 ini, dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa, serta memenuhi hak, mendengarkan suara, aspirasi, pandangan, kebutuhan anak di kabupaten Siak terpenuhi dengan baik.

"APSAI menjadi wadah sinergi dan percepatan upaya perlindungan anak terutama untuk memastikan peran serta sektor swasta di Indonesia termasuk di Kabupaten Siak, bersama-sama membentuk tiga pilar utama penggerak pembangunan berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak kedepannya," terangnya.

"Selamat kepada Ketua terpilih, pak Armadi dan seluruh Pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Siak periode 2022 – 2027, semoga anak-anak di Kabupaten Siak terus terjaga dan terpenuhi segala haknya hingga kabupaten Siak tetap menjadi Kabupaten Layak anak dari masa ke masa," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua APSAI Kabupaten Siak periode 2022-2027 Armadi SE, usai dilantik mengatakan dirinya bersama seluruh pengurus APSAI yang dilantik akan berusaha dengan maksimal mendukung program pemerintah dalam upaya melindungi hak-hak anak, sehingga Kabupaten Siak akan terus menjadi Kabupaten Layak Anak.

“APSAI Siak akan berusaha mendukung program Pemkab dan berkontribusi dalam upaya maksimal menjadikan kabupaten Siak tetap dan akan terus menjadi Kabupaten layak anak. Lewat program yang masing-masing perusahaan telah lakukan ataupun program bersama nantinya,” sebutnya.

Menager Publik Affair PT IKPP Perawang itu juga mengatakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2023 yang ke 39 ini, pihaknya juga berkomitmen untuk mewujudkan Lingkungan Kabupaten Siak yang Aman untuk anak, dan terus mengkampanyekan Stop Kekerasan, Perkawinan dan Mempekerjakan Anak, dengan Tagline #BeraniKarenaPeduli.

"Dari tagline

ini diharapkan anak mampu menjadi agen

perubahan dalam menyuarakan hak-haknya.

Usai pelantikan, kegiatan juga dilanjutkan dengan seminar HIV AIDS dan penampilan seni bakat dari anak-anak Siak.