Peringati hari lahir Prof Muhammad Nazir, UIN Suska taja seminar nasional

id UIN Suska Riau

Peringati hari lahir Prof Muhammad Nazir, UIN Suska taja seminar nasional

Rektor UIN Suska periode 2010-2014 Prof Dr Muhammad Nazir MA  (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Alumni Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau menggelar seminar nasional dengan tema 'Membangun Ilmu Dengan Paradigma Islam' di auditorium Rektorat UIN Suska, Selasa.

Seminar ini digelar untuk memperingati hari ulang tahun Rektor UIN Suska periode 2010-2014 Prof Dr Muhammad Nazir MA yang ke-70. Acara itu juga bertepatan pula dengan purnabakti ia menjadi guru besar di kampus tersebut.

Wakil Rektor I UIN Suska Riau Prof Helmiati mengucapkan terima kasih atas banyaknya ilmu dan bimbingan yang telah didedikasikan Prof Muhammad Nazir kepada dunia akademik.

Dikatakannya, mahasiswa yang telah diajarkan oleh Prof Nazir tidaklah sedikit. Di sepanjang karirnya, ia telah banyak membentuk mahasiswanya menjadi orang yang kompeten di bidang masing-masing.

"Semoga apa yang diberikan kepada kami menjadi amal jariyah. Yang dilakukan beliau sangat menginspirasi kami untuk berbakti bagi bangsa dan negara," ucapnya.

Selain itu, Prof Muhammad Nazir juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum MUI Riau selama dua periode. Selain itu ia juga merupakan Dewan Penasehat di lembaga itu setelah usai masa jabatannya.

Afrizal sebagai perwakilan MUI Riau dalam kesempatannya menyebutkan, berkat bimbingan Prof Nazir pula MUI Riau menduduki peringkat lima di Indonesia.

"Prof Nazir Bukan hanya tokoh pendidik, namun juga tokoh ulama. Beliau banyak memberikan kontribusi terhadap generasi ulama di Riau," ungkapnya.

Prof Dr M Nazir Karim yang tengah berulang tahun ke 70 juga menyampaikan perasaan harunya saat memberikan sambutan sekaligus nasihat.

Dengan nada haru, ia juga berkata bahwa pada hari ulang tahunnya ia bersyukur masih diberi kecukupan yang luar biasa oleh Allah SWT.

"Selama ini saya telah menjalankan tugas di UIN Suska dan hanya sedikit sumbangan kepada masyarakat, umat bangsa dan negara. Seharusnya lebih banyak lagi yang harus kita berikan, semoga apa yang telah terjadi semuanya mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa," pungkasnya.