MTQ XLI di Inhu, Bupati sangat bangga dan apresiasi semua pihak

id Rengat,Indragiri Hulu,Mtq riU

MTQ XLI di Inhu, Bupati sangat bangga dan apresiasi semua pihak

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada MTQ XLI tahun 2023. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan serta seluruh kafilah 12 Kab/kota di kota bersejarah, Kota Rengat, KabupatenInhu.

"Terima kasih juga kepada Pemprov Riau, Kanwil Kemenag Prov. Riau dan LPTQ Prov. Riau yang telah memberi kepercayaan kepada Kabupaten Inhu sebagai penyelenggara MTQ Tingkat Provinsi Riau 2023," katanya saat pembukaan MTQtingkat Provinsi Riau di Rengat, Sabtu (11/11).

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, masyarakat dan sangat bangga atas suksesnya acara MTQ 2023 dimana Inhu dipercaya sebagai tuan rumah.

Atas peran aktif semua pihak, sebagai Bupati Inhu, Rezita sangat mengapresiasi tinggi. Lokasi perhelatan akbar MTQ XLI dilaksanakan di kawasan objek wisata Danau Raja yang merupakan ikon wisata Inhu.
Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada MTQ XLI Tahun 2023. (ANTARA/Asri)


Sedangkan, Tema MTQ 2023 "Merajut Generasi Qur'ani, Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah" dimaksudkan sebagai wujud kepedulian untuk membentengi generasi muda melalui pendekatan agama.

Logo MTQXLI ini yang menggabungkan beberapa unsur yaitu Mushaf Alqur'an beralas rehal, lima bintang dan bunga seroja.

"Logo ini menjadi cerminan tentang harapan tentang MTQ yang sarat dengan syiar Islam ini," ujarnya.

Hal ini diharapkan dapat mempererat persatuan dan persaudaraan sekaligus mampu menjadi stimulan untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan, dan pengamalan tentang ajaran Islam.

Pada saat Pembukaan MTQ XLI Tahun 2023, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Dr H Muliardi dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan MTQ Tahun 2023 dari data di aplikasi e-mtq peserta MTQ yang mendaftar sebanyak 752 orang.
Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada MTQ XLI Tahun 2023. (ANTARA/Asri)


Dari jumlah tersebut, peserta utama dan peserta cadangan, setelah dilakukan verifikasi faktual yang terdata peserta MTQ sebanyak 746 orang.

"Saya berharap, kepada seluruh majelis hakim memberikan penilaian yang sebaiknya," pintanya.

MTQ 2023 ini merupakan tahun kedua menggunakan penilaian secara terbuka diinformasikan melalui web. Harapannya, MTQ ini menghasilkan para juara yang benar-benar terbaik yang dapat mengharumkan Provinsi Riau di tingkat yang lebih tinggi.

Di samping itu, MTQ bukan hanya sebuah acara rutin lomba menang kalah, tetapi dapat menjadi suntikan energi umat Islam di Provinsi Riau untuk membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan, Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasutiondalam sambutannya mengapresiasi Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau yang diawali dari berbagai kegiatanberhasil dilaksanakan dengan baik" sebutnya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada MTQ XLItahun 2023. (ANTARA/Asri)


Pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Kabupaten Inhu yang sukses melaksanakan kegiatan MTQ.

Tentu dengan harapan, melalui MTQ ini mampu menciptakan generasi qurani memiliki akhlak yang tinggi sebagai bekal di akhirat kelak.

Terutama bagi generasi di Kabupaten Inhu, sesuai tema MTQke-41 "Merajut Generasi Qur'ani Menuju Indragiri Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah," harapnya.

Untuk diketahui, pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLI Tingkat Provinsi Riau 2023 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berlangsung meriah, masyarakat berbondong - bondong memadati halaman utama di kawasan wisata Danau Raja Rengat, Sabtu malam kemarin

Prosesi akbar MTQ yang dilaksanakan di Kawasan Objek Wisata Danau Raja Kota Rengat di ikuti seluruh Kabupaten/ Kota Se Riau.

Acara Akbar MTQ dibuka langsung oleh Plt. Gubernur RiauEdy Natar Nasution dan dihadiri oleh Kepala Daerah 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Diawali tari persembahan dari Sanggar Narasinga II, acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan atraksi yang menarik dan memukau pengunjung dan peserta MTQ.

Seperti, penampilan Marching Band dari Satpol PP Inhu, defile 12 kabupaten/kota, menyanyikan mars MTQ oleh 150 orang dari paduan suara sanggar An-Najah Yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat (YPAIR) MTs - MA dan STAI Madinatun Najah Rengat.

Dan, terakhir penampilan tari massala dari sanggar tari Dewan Kesenian Indragiri.

Pada pembukaan MTQ ini juga dibacakan lantunan ayat suci Alquran dari Ahmad Azroi Hasibuan S.Pd.I Qori juara Internasional di Thailand tahun 2016, serta pengibaran bendera MTQ dari Paskibraka.

Acara MTQ 2023 resmi dibuka ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plt Gubernur Riau didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Inhu.

Selain itu juga diikuti oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, dan Ketua LPTQ Prov. Riau, sementara Forkopimda Prov. Riau dan Bupati Walikota se-Provinsi riau memukul bedug bersama.

Pada acara pembukaan MTQ ini juga dilaksanakan Penyerahan bonus pemenang Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist nasional ke-17 dari Pemprov Riau.

Serta penyerahan piala bergilir MTQ Provinsi Riau dari juara umum tahun sebelumnya Bupati Kabupaten Rokan Hilir ke Plt. Gubernur Riau dan dari Plt Gubernur diserahkan ke Bupati Indragiri Hulu untuk diperebutkan pada MTQ tahun 2023.

Persiapan jelang MTQXLI

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu sudah menyiapkan segala sesuatu untuk suksesnya perhelatan Akbar MTQXLITingkat Provinsi Riau 2023.

Optimalisasi penyelenggaraan itu terbukti Pembukaan MTQ berjalan sukses di areal objek wisata Danau Raja Kota Rengat pada Sabtu malam.

Penyambutan kontingen kafilah dan ofisial berjalan lancar, pelantikan Dewan Hakim sukses dan selanjutnya prosesi pelepasan pawai taaruf MTQ.

Pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmy melepas ribuan kafilah dan ofisial peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mengikuti pawai taaruf tanda dimulai MTQXLItingkat Provinsi Riau 2023.

"Pawai taaruf merupakan prosesi penyambutan pelaksanaan MTQ untuk mempererat silaturahmi antara kafilah," katanya mewakili Plt Gubri.

Sehingga kekeluargaan lebih maksimal dan dukungan masyarakat semakin optimal dan MTQ Riau 2023 meriah.

Prosesi pawai taaruf dengan berjalan dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Rengat menuju Kawasan Wisata Danau Raja sebagai lokasi pelaksanaan MTQ, Kampung Dagang.

Selanjutnya, pembukaan Bazar MTQ oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, sejumlah stand bazar mempromosikan sejumlah hasil UMKM pengrajin asal Inhu.

Seluruh OPD Inhu menampilkan stand dengan ciri khas masing-masing.

Bahkan, lebih menarik lagi adalah sepanjang satu kilo meter parkiran mobil dan sepeda motor memadati jalur lintas Pematang Reba - Kota Rengat selama acara pembukaan MTQ.

Kemeriahannya, justru mengundang wisatawan dan ribuan masyarakat memadati kawasan objek wisata Danau Raja yang menjadi lokasi pelaksanaan MTQ 2023.

Berikut sejumlah program jelang dan selama MTQ di Inhu

Lebih dari ribuan kafilah dan official dari seluruh Riau hadir di Inhu, sehingga pada pembukaan MTQ ke XLI tahun 2023, kita Rengat khususnya areal Danau Raja dipadati puluhan ribu masyarakat.

Seperti diketahui, sebelumnya, Kamis, 09/11/2023, Pukul 09.00 Wib, di Astaka Utama Danau Raja, Rengat dilaksanakan acara gladi bersih pembukaan MTQ Ke-XLI Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu.

Sedangkan, pada Jumat (10/11) sekira pukul 16.00 WIB, di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu, prosesi acara penyambutan Dewan Hakim MTQ XLItingkat Provinsi Riau Tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Setda Pemerintah Daerah Kabupaten Inhu menyambut 230 Dewan Hakim se-Provinsi Riau.

Sedangkan, Jumat (10/11), sekira pukul 19.30 WIB, di pendopo kediaman Bupati Indragiri Hulu, Jl. Ahmad Yani, Rengat, dilaksanakan acara malam Ta’rufdan Pelantikan Dewan Hakim MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023.

Selanjutnya, Sabtu (11/11), di Ruang Terbuka Hijau, Jl. H. Agus Salim, Rengat. prosesi acara Pelepasan Pawai Ta’ruf MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023.

Terakhir, prosesi penutupan MTQ Riau 2023 dilaksanakan pada Sabtu (18/11) pukul 20.00 WIB. Sementara prosesi penutupan dilaksanakan di Kawasan Wisata Danau Raja.