Gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Nepal bagian barat tewaskan lebih dari 60 orang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, gempa bumi

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Nepal bagian barat tewaskan lebih dari 60 orang

Kondisi bangunan yang hancur akibat gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Nepal bagian barat pada Jumat (3/11/2023). (Xinhua)

Kathmandu (ANTARA) - Lebih dari 60 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka pada Jumat (3/11) tengah malam waktu setempat ketika gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Nepal bagian barat, kata juru bicara kepolisian setempat pada Sabtu.

Sebanyak 37 orang tewas di Distrik Jajarkot, sementara 27 korban jiwa dilaporkan di distrik tetangganya, Rukum Barat, kata juru bicara kepolisian setempat Kuber Kadayat kepada Xinhua.

"Jumlah korban jiwa masih dapat bertambah. Operasi penyelamatan sedang berlangsung," ucap Kadayat.

Terdapat sejumlah laporan mengenai kerusakan di distrik-distrik lain yang berdekatan, namun tidak ada laporan korban jiwa, lanjutnya.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa tersebut mengguncang Distrik Jajarkot di Nepal bagian barat sekitar pukul 23.47 waktu setempat, atau Sabtu (4/11) pukul 01.02 WIB, dengan kedalaman 18 kilometer.

Dalam sebuah unggahan di media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal Dahal menyampaikan rasa dukacita bagi para korban jiwa dan kerugian harta benda dalam gempa tersebut serta memerintahkan operasi penyelamatan dan bantuan secepatnya.

Pada 2015, gempa bermagnitudo 7,8 menewaskan sekitar 9.000 warga dan merusak lebih dari setengah juta rumah di negara pegunungan tersebut.

Baca juga: Sebanyak 22 jenazah korban kecelakaan pesawat di Nepal ditemukan

Baca juga: Gempa bumi tewaskan 2.053 orang, Afghanistan minta bantuan