Program PKH untuk atasi kemiskinan di Inhu

id Rengat,Indragiri Hulu

Program PKH untuk atasi kemiskinan di Inhu

Asisten I Sekdakab Inhu Syahruddin. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bupati Indragiri Hulu Syahruddin mengutarakabpentingnya optimalisasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya pengurangan kemiskinan di daerahnya.

"PKH adalah program nasional yang berdampak positif mengurangi kesenjangan, termasuk di Inhu," katanya di Rengat, Kamis.

Salah satu program yang sangat signifikan terhadap peningkatan daya beli masyarakat kurang mampu dan bisa mendorong kreativitas keluarga serta optimalisasi sumber daya manusia.

Untuk mencapai tujuan itu, lanjutnya, penting memaksimalkan koordinasi, sinergitas semua pihak, upaya untuk pencapaian langkah yang tepat pelaksanaan PKH tersebut.

"Pemkab Inhu, sudah membuat kebijakan sistem penyaluran bantuan PKH sehingga tepat," ujarnya.

Tepat sasaran dan terintegrasi dengan melalui satu kartu yakni Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), selama ini proses bantuan secara nasional diberikan melalui kantor pos.

Karena, sangat efektif dan penguatan sistem informasi manajemen PKH mulai dari validasi data, penyaluran bantuan yang baik.

Selain itu, perlu verifikasi komitmen, pemutakhiran data hingga pendampingan kelompok dan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) terolah dan tersaji secara integratif.

Dinas Sosial (Dinsos) Inhu uga melakukan peningkatan kapasitas kepesertaan PKH dengan melaksanakan pembinaan dan pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

Sementara, Kepala Dinas Sosial Inhu Nursisman menyebutkan, program PKH ini bertujuan untuk membangun koordinasi yang harmonisasi antara pemangku kepentingan dengan pelaksanaan program.

"PKH sebagai program perlindungan sosial dalam berbagai bidang," jelasnya.

Misalnya, bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial guna meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin.