Yamaha Tenere 700 ditarik kembali karena ada masalah pada rem depan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Yamaha, otomotif

Yamaha Tenere 700 ditarik kembali karena ada masalah pada rem depan

Yamaha Tenere 700 2022 (Yamaha USA)

Jakarta (ANTARA) - Yamaha Motor Corporation USA resmi mengeluarkan safety recall (penarikan kembali) untuk beberapa sepeda motor Yamaha Tenere 700 tahun 2022, dikarenakan adanya masalah pada bagian kaliper rem depan yang dirakit menggunakan baut dengan panjang ulir yang salah.

Ride Apart pada Kamis (13/7) waktu setempat mengabarkan bahwa jika memang terbukti panjang ulir tersebut salah dan terus digunakan, baut tersebut dapat membuat kerusakan pada ulir lubang pemasangan setelah dilakukan pelepasan dan pemasangan secara berulang.

Dengan begitu, hal tersebut dapat menyebabkannya kehilangan keefektifannya untuk menghentikan kendaraan dan juga bisa mengakibatkan kaliper rem depan menjadi kendor atau bahkan terlepas dan membuat terjadinya kecelakaan bagi penggunanya.

Hingga saat ini, terdapat 211 unit yang berpotensi terkena dampak penarikan ini di AS, mewakili sekitar dua persen dari populasi. Tenere 700 yang terpengaruh diproduksi antara 27 Juli 2022 dan 29 Agustus 2022. VIN yang terpengaruh berkisar antara JYADM12Y8NA002428 dan JYADM12Y8NA002638 dan tidak berurutan.

Menurut Yamaha, satu kemungkinan peringatan bahwa situasi ini ada pada T7 2022 adalah dengan adanya suara dan/atau perasaan yang tidak biasa pada bagian rem depan. Tanda lain yang mungkin terjadi adalah jika seseorang mengalami masalah dengan melepas atau memasang kembali baut kaliper rem setelah menyervis motor tersebut.

Pada Juni 2023 lalu, Yamaha Motor Company Limited memberi tahu Yamaha Motor Corporation USA tentang tinjauan kontrol kualitas yang telah dilakukannya.

Dalam proses peninjauan tersebut, perusahaan induk mencatat bahwa vendor telah memasok baut kaliper rem depan yang memiliki panjang ulir yang salah, dan beberapa di antaranya mungkin telah digunakan di jalur perakitan selama produksi sepeda ini.

Yamaha menyarankan pemilik sepeda motor Yamaha Tenere 700 2022 yang terkena penarikan ini, untuk tidak mengendarai kendaraannya sampai benar-benar ditangani oleh mekanik untuk pergantian suku cadang.

Baca juga: Motor Yamaha Tenere 700 resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp450 juta

Baca juga: Toprak berharap bisa kembali rebut gelar juara dunia dengan tim baru