Penderita Ispa Riau Meningkat Jadi 20.000 Jiwa

id , penderita ispa, riau meningkat, jadi 20000 jiwa

  Penderita Ispa Riau Meningkat Jadi 20.000 Jiwa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Penderita infeksi saluran pernafasan atas (Ispa) yang merupakan dampak dari polusi kabut asap di Provinsi Riau meningkat dari sekitar 15.000 menjadi 20.000 jiwa, demikian Dinas Kesehatan mencatat.

"Itu merupakan data yang dirangkum dari sejumlah daerah kabupaten dan kota sejak akhir Januari hingga Minggu (23/2)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau Zainal Arifin kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Awalanya, kata dia, penderita Ispa pada Januari hanya kurang dari 5.000 jiwa, namun terus meningkat menjadi 15.292 pada pekan lalu dan sekarang sudah mencapai lebih 20.000 jiwa.

Jumlah tersebut, menurut dia, belum termasuk penderita penyakit yang disebabkan kabut asap lainnya seperti iritasi kulit, iritasi mata, dan lainnya.

"Namun kami hanya fokus pada penderita Ispa yang memang disorot oleh Kementeria Kesehatan sebagai perbandingan untuk menerima bantuan," katanya.

Zainal mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar gedung atau rumah mengingat kondisi udara yang terus memburuk akibat kabut asap sisa kebakaran lahan.

Kemudian, kata dia, sebaiknya mengonsumsi gizi yang cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak mudah diserang penyakit yang merupakan dampakdari kabut asap.
Pewarta :
Editor: Fazar Muhardi
COPYRIGHT © ANTARA 2014