Roberto Firmino selamatkan Liverpool di pertandingan terakhirnya

id Liverpool,Aston Villa,Roberto Firmino,Liga Premier Inggris,sepak bola internasional

Roberto Firmino selamatkan Liverpool di pertandingan terakhirnya

Roberto Firmino.(AFP/PAUL ELLIS)

Jakarta (ANTARA) - Roberto Firmino menyelamatkan Liverpool dari kekalahan saat mereka bermain imbang 1-1 lawan Aston Villa dalam matchday ke-37 Liga Inggris di Anfield pada Sabtu pada Sabtu malam WIB.

Liverpool tertinggal oleh gol Jacob Ramsey di babak pertama sebelum gol perpisahan Roberto Firmino di Anfield menyamakan kedudukan untuk Liverpool. Firmino sendiri sudah dipastikan tidak akan berseragam The Reds musim depan karena kontraknya tidak diperpanjang.

Liverpool kini memiliki 66 poin di peringkat lima, tertinggal tiga poin dari peringkat empat Manchester United, yang baru saja menang tipis di kandang Bournemouth.

Secara matematis, Liverpool akan sulit finis peringkat empat besar dengan hanya punya satu laga tersisa, yaitu tandang lawan Southampton. Sementara itu MU masih memiliki dua laga tersisa, yaitu laga-laga kandang melawan Chelsea dan Fulham.

Aston Villa sendiri menempati peringkat ketujuh dengan mengumpulkan 58 poin, memiliki poin sama dengan Brighton di tempat keenam dan unggul satu poin dari Tottenham di peringkat delapan, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Liverpool langsung memainkan tempo tinggi sejak laga dimulai

Aston Villa mendapatkan sebuah peluang emas pada menit ke-20. Sebuah aksi Ollie Watkins coba dihentikan oleh Ibrahima Konate, tetapi justru menghasilkan pelanggaran di area terlarang.

Watkins mengambil tendangan penalti, tetapi tendangannya justru melebar ke sisi kiri gawang Alisson.

Tujuh menit kemudian, Liverpool benar-benar kebobolan. Gol bermula dari umpan silang Douglas Luiz di kanan yang kemudian disambar Jacob Ramsey di tiang jauh ke dalam gawang Alisson. Skor menjadi 1-0.

Liverpool barusaha untuk mencetak gol penyeimbang, tetapi mereka kesulitan membangun serangan dan babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Villa.

Sepuluh menit setelah babak kedua berjalan, Liverpool membobol gawang Aston Villa lewat Cody Gakpo. Namun, gol itu dianulir oleh VAR karena Virgil van Dijk terlebih dahulu offside.

Liverpool terus menyerang Villla. Beberapa peluang mereka masih belum membahkan gol.

The Reds akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat gol Firmino pada menit ke-89. Sebuah umpan silang dari Mohamed Salah berhasil disambar oleh penyerang asal Brasil itu untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Liverpool mencoba untuk mencetak gol kemenangan di sisa waktu, tetapi tidak ada gol lagi yang tercipta. Mereka pun harus puas dengan hasil imbang.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3):
Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 72'); Curtis Jones (Diogo Jota 63'), Fabinho (Harvey Elliott 81'), Jordan Henderson (James Milner 72'); Mohamed Salah, Cody Gakpo, Luis Diaz (Roberto Firmino 72')

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Lucas Digne (Alex Moreno 53' (Emiliano Buendia 65')); John McGinn, Boubacar Kamara, Douglas Luiz (Leon Dendoncker 87'), Jacob Ramsey; Leon Bailey (Ashley Young 53'), Ollie Watkins (Jhon Duran 87')