Warga rekam api obor kilang Pertamina Dumai membesar

id Pertamina Dumai,RU II DUmai,pertamina

Warga rekam api obor kilang Pertamina Dumai membesar

Tangkapan layar api Pertamina RU II yang membesar dan tidak seperti biasanya pada Kamis malam (27/4/23). (ANTARA/tangkapan layar)

Dumai (ANTARA) - Warga Dumai merekam video pemandangan api obor di areal kilang minyak PT Pertamina RU II yang membesar dan mengeluarkan asap hitam pekat ke udara dengan suara kobaran api cukup mencekam pada Kamis (27/4) malam.

Dari rekaman video yang diambil warga dari lokasi sekitar lingkungan pemukiman itu, terlihat api obor kilang Pertamina tampak besar tidak seperti biasa dengan cahaya yang terang berwarna merah di langit.

"Suaranya agak mencekam malam itu, api obor tidak seperti biasa karena agak menyala besar dan asap hitam yang pekat. Dari rumah nampak jelas sekali," kata seorang warga.

Kejadian yang jarang itu kemudian direkamnya karena khawatir aktivitas kilang minyak kembali meresahkan warga sekitar seperti yang baru terjadi baru ini dengan bunyi ledakan keras dari dalam kilang.

Menanggapi itu, Juru Bicara PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai Agustiawan membenarkan terjadi situasi api obor kilang minyak membesar dan tidak normal seperti biasa, namun hal itu bukan suatu insiden melainkan kegiatan pengaturan kondisi operasional.

Baca juga: Belasan saksi diperiksa terkait kebakaran kilang Pertamina Dumai, hari ini giliran para petinggi

Menurutnya, saat itu tengah ada kegiatan pengaturan kondisi operasional di salah satu unit operasi RU II untuk mendapatkan hasil produk yang optimal.

Api obor yang membesar terjadi karena ada kelebihan gas yang dibuang melalui pembakaran di-flare dan mengakibatkan apilebih besar dari biasanya.

"Proses pengaturan kondisi operasional tersebut tidak berlangsung lama dan tadi malam unit tersebut sudah normal kembali," kata Agustiawan.

Dilanjutkannya, kegiatan pengaturan kondisi operasional ini jarang dilakukan, dan pada malam itu tidak berlangsung lama atau hanya 30 menit, dimulai dari pukul 22.30 WIBdan keadaan api sudah normal kembali.

Dijelaskan Agus lagi, kegiatan yang menyebabkan api obor kilang menyala besar ini merupakan salah satu proses unit yang baru start up pasca kejadian ledakan lalu, atau masih dalam tahap normalisasi kondisi operasional untuk mendapatkan kualitas produk yang baik.

Baca juga: Pertamina Dumai rampungkan pemulihan failitas umum dan rumah akibat ledakan

Baca juga: Dukung penyelidikan ledakan kilang, GM Pertamina Dumai dinonaktifkan