Idul Fitri 2023, Bupati Rezita sampaikan capaian prestasi selama kepemimpinan

id Rengat,Inhu,bupati inhu

Idul Fitri 2023, Bupati Rezita sampaikan capaian prestasi selama kepemimpinan

Bupati Inhu sesaat sebelum shalat Idul fitri. (ANTARA/dok)

Prestasi yang dicapai Inhu adalah kebanggaan bersama,
Rengat (ANTARA) - Ribuan jamaah memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Rengat, Indragiri Hulu, dalam rangka pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 H, Sabtu pagi.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya mengucapkan selamat Idul Fitri 1444 H kepada seluruh umat Islam dan capaian prestasi selama dua tahun kepemimpinannya.

"Mari kita jadikan momentum Idul Fitri 1444 H ini untuk saling membuka pintu maaf atas segala kesalahan. Serta menggantinya dengan hati yang suci serta silaturahmi antar sesama," ujarRezita.

Ia juga menyebutkan ada sederetan capaian kinerja selama dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Junaidi Rachmatselama kepemimpinannya

Sejak tahun 2022, Pemda Inhu tetap mampu mempertahankan predikat B untuk pelaksanaan reformasi birokrasi pemerintahan.

Sedangkan, dalam hal pengelolaan keuangan daerah, beberapa waktu lalu Pemkab Inhu menjadi yang pertama menerima LHP LKPD 2022 dari BPK Riau dengan predikat opini WTP.

"Opini WTP ini sekaligus menggenapkan selama tujuh tahun berturut, sejak 2016 Inhu mampu mempertahankan capaian predikat tersebut," ujarnya.

Untuk sektor pendidikan, tetap jadi komitmen Pemkab Inhu untuk terus meningkatkan SDM dengan memajukan Institut Teknologi Bisnis Indragiri dan lainnya. Bahkan, kini hadir di Kabupaten Inhu Universitas Riau Indonesia (Unrida) di Azki Aris, Rengat.

Selain itu, di bidang kesehatan, terbaru yakni pencapaian Universal Health Coverage (UHC) tertinggi di Riau. Dan, ini menjadi indikasi bahwa sudah lebih dari 97,54 persen warga Inhu terlindungi jaminan kesehatan nasional.

Sementara pembangunan infrastruktur, pada 2023 Pemkab Inhu mengalokasikan kegiatan untuk jalan, jembatan dan sektor pertanian dengan anggaran hingga puluhan miliar.

Pada pembangunan kelistrikan, jika dibandingkan dengan tahun 2010 dimana hanya 25,26 persen masyarakat yang bisa menikmati listrik dari PLN, maka pada tahun 2022 sudah mencapai 100 persen.

Rezita juga menyampaikan, terkait penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada 10 desa mandiri dan penghargaan atas kemajuan pengelolaan BUMDES.

"Ini sangat membanggakan, dan saya mengajak seluruh elemen masyarakat Inhu untuk memberi dukungan mensukseskan MTQ Provinsi Riau tahun 2023 ini," pintanya.