Inggris Raya berencana bakal larang TikTok di perangkat seluler parlemen

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Tiktok

Inggris Raya berencana bakal larang TikTok di perangkat seluler parlemen

Ilustrasi - Bendera China terlihat mengapit logo TikTok. (ANTARA/REUTERS/Florence Lo/am.)

Jakarta (ANTARA) - Parlemen Inggris Raya berencana melarang pemasangan TikTok pada seluruh perangkat seluler dan jaringan milik mereka karena alasan keamanan siber.

"Menyusul keputusan pemerintah untuk melarang TikTok dari perangkat pemerintah, komisi House of Commons (Majelis Rendah) dan House of Lords (Dewan Bangsawan) memutuskan TikTok akan diblokir dari seluruh perangkat parlemen dan jaringan parlemen yang lebih luas," kata juru bicara Parlemen Inggris Raya, disiarkan Reuters, Rabu (23/3).

Inggris Raya baru saja melarang aplikasi TikTok dipasang di ponsel milik pemerintah, juga karena alasan keamanan.

"Keamanan siber adalah prioritas utama parlemen," kata juru bicara parlemen.

Juru bicara TikTok menilai larangan memasang TikTok pada perangkat milik parlemen Inggris Raya adalah "sesat" dan berdasarkan pemahaman yang keliru tentang perusahaan asal China itu.

"Kami kecewa bahwa, meskipun kami sudah meminta, kami tidak diberikan kesempatan untuk mengatasi masalah dan kami hanya meminta untuk dinilai berdasarkan fakta serta diperlakukan secara setara dengan kompetitor kami," kata TikTok.

Juru bicara TikTok mengatakan mereka sedang menerapkan rencana untuk melindungi lebih jauh data pengguna di Eropa, termasuk menyimpan data pengguna Inggris Raya di pusat data di Eropa serta memperketat kontrol akses data terhadap pusat data tersebut.

Inggris Raya menjadi negara terkini yang melarang TikTok pada perangkat kedinasan, Amerika Serikat, Belgia, Kanada dan Komisi Eropa sudah lebih dulu memberlakukan larangan serupa.

Negara-negara itu khawatir data pengguna TikTok bisa jatuh ke tangan pemerintah China. ByteDance, perusahaan induk TikTok, bermarkas di Beijing.

Baca juga: Facebook, WA dan Tiktok jadi aplikasi terbanyak dibagi di Share-it

Baca juga: Amerika Serikat bercana akan adakan pemungutan suara untuk blokir TikTok