Analis yakini Apple tidak lagi rilis ponsel iPhone SE

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, gadget

Analis yakini Apple tidak lagi rilis ponsel iPhone SE

Tampilan iPhone SE generasi ketiga yang rilis di 2022. (ANTARA/HO/Apple)

Jakarta (ANTARA) - Analis Apple Ming Chi Kuo meyakini perusahaan teknologi tersebut tidak akan lagi merilis ponsel iPhone SE.

Sebelumnya ia mengatakan ada kemungkinan iPhone SE generasi keempat tidak lagi dirilis atau opsi lainnya perusahaan menunda perilisan generasi terbaru.

Macrumorspada Jumat (6/1) waktu setempat menyebutkan keyakinan sang analis menguat setelah adanya informasi kepada pemasok bahwa Apple membatalkan rencana perilisan iPhone SE generasi keempat di 2024.

Hal itu juga terkait dengan pengembangan chip 5G yang dikembangkan secara internal oleh Apple.

Seharusnya jika sesuai rencana awal, maka Apple akan melakukan uji coba untuk chip 5G tersebut di iPhone SE generasi keempat.

Langkah itu sempat diambil karena iPhone SE tergolong murah dalam hal produksi dibandingkan dengan produk iPhone lainnya.

Namun dengan dibatalkannya rencana perilisan iPhone SE maka rencana itu tentu tidak akan terjadi.

Apple masih akan mempertahankan kemitraannya dengan Qualcomm untuk chip 5G di 2024 termasuk untuk ponsel iPhone 16 series.

"Pembatalan iPhone SE 4 telah secara signifikan meningkatkan peluang Qualcomm untuk tetap menjadi pemasok eksklusif chip baseband untuk seri iPhone 16," ujar Kuo.

Sejauh ini untuk chip 5G, Apple mengandalkan kemitraan dengan Qualcomm.

Terlihat pada chip yang digunakan untuk iPhone SE generasi ketiga dirilis Maret 2022 menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X57 untuk 5G.

Lalu untuk seri selanjutnya diperkirakan iPhone 15 akan menggunakan modem Snapdragon X70, sedangkan model iPhone 16 mungkin menggunakan Snapdragon X75 yang belum diumumkan.

Baca juga: Ponsel Realme 10 Pro meluncur 10 Januari

Baca juga: Ponsel Oppo Find X6 diperkirakan miliki tiga kamera 50 MP


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2023